Blora on News :
Home » , » 68 Calon Kades Akan Berkompetisi Dalam Pilkades Serentak 29 Juli

68 Calon Kades Akan Berkompetisi Dalam Pilkades Serentak 29 Juli

infoblora.com on Jul 13, 2017 | 2:00 AM

Sebanyak 68 calon Kades dan panitia pelaksana Pilkades mengikuti pembinaan dari Bupati Djoko Nugroho dan jajaran Forkopimda, Rabu (12/7). (foto: dok-ib)
BLORA. Sebanyak 68 calon kepala desa (kades) bakal berkompetisi menduduki 27 kursi kepala desa yang tersebar di 27 desa pada gelaran Pilkades Serentak yang akan dilaksanakan 29 Juli 2017 mendatang di Kabupaten Blora.

Ke 27 desa tersebut adalah Srigading, Bradag, Sumberejo (Kec.Ngawen), Sitirejo, Tambahrejo (Kec.Tunjungan), Japah, Gaplokan, Krocok (Kec.Japah), Sendang, Kacangan, Kembang (Kec.Todanan), Gersi, Brumbung (Kec.Jepon), Singonegoro, Genjahan (Kec.Jiken).

Lantas Prantaan (Kec.Bogorejo), Brabowan (Kec.Sambong), Jipang (Kec.Cepu), Bekutuk, Gembyungan (Kec.Randublatung), Nglebak, Nginggil (Kec.Kradenan), Wonosemi, Jatiklampok, Balongsari, Buluroto (Kec.Banjarejo), dan Kepoh (Kec.Jati).

Kepada 68 calon kades tersebut, Bupati Djoko Nugroho dalam acara pembekalan cakades Rabu (12/7) kemarin menekankan agar seluruh peserta Pilkades tidak berbuat curang selama tahapan berlangsung. “Sing curang mesti kalah (Yang curang pasti kalah-red),” tegas Bupati di Pendopo Rumah Dinasnya.

Ia juga berpesan agar seluruh calon kepala desa bisa mengutamakan sportifitas dan kondusifitas. Jadikan ajang Pilkades untuk menentukan Kades yang benar-benar diinginkan warganya, bukan karena paksanaan atau tekanan.

“Semua panitia saya minta netral. Sukses atau tidaknya pelaksanaan pilkades bergantung pada jenengan semua. Jaga jarak yang sama kepada seluruh calon kades. Jika panitianya tidak bisa netral, tak jamin Pilkadese rusak,” lanjut Bupati.

Sementara itu Kapolres Blora AKBP Saptono SIK, MH menekankan agar seluruh tahapan Pilkades dapat berjalan dengan aman dan damai. Siapapun yang menang tidak boleh sombong, begitu pun yang kalah harus bisa menerima kekalahannya.

“Pilkades pasti ada menang-kalah. Jenengan jangan hanya siap menang saja, namun yang penting harus siap kalah. Siap menang itu mudah, justru yang sulit itu siap kalah. Insya Allah jika siap kalah, maka setelah Pilkades tidak akan muncul permusuhan atau ketegangan diantara masa pendukung,” bebernya.

Setyo Edy, Asisten Pemerintahan Setda Kab.Blora menerangkan bahwa sebenarnya ada 69 calon Kepala Desa yang akan mengikuti Pilkades, namun ada satu calon yang tidak memenuhi syarat administrasi sehingga gugur. “Untuk desa yang paling banyak memiliki calon Kades adalah Desa Singonegoro Kecamatan Jiken sebanyak 4 calon,” terangnya.

Ia berharap kedepan seluruh tahapan Pilkades bisa dilaksanakan secara aman dan lancar.

Dalam kegiatan pembinaan calon kades tersebut juga dilakukan penandatanganan pakta integritas tentang penyelenggaraan Pilkades yang aman dan jujur. Selain itu Pemkab Blora melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menyalurkan dana bantuan penyelenggaraan Pilkades kepada panitia yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Djoko Nugroho. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Blora Bambang Susilo, Dandim 0721 Blora yang diwakili Kasdim Mayor Kav Hyasintus Waleng dan jajaran Forkopimda lainnya. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved