Blora on News :
Home » , » Tirtonadi Reborn, Pasar Malam Sambut Syawalan Kembali Digelar

Tirtonadi Reborn, Pasar Malam Sambut Syawalan Kembali Digelar

infoblora.com on Jun 10, 2017 | 9:00 PM

Pasar Malam sambut Syawalan di Taman Tirtonadi Reborn. (foto: dok-ib)
BLORA. Seiring dengan selesainya tahapan penataan Taman Tirtonadi Kota Blora yang dinamakan Tirtonadi Reborn, kini warga Blora kembali bisa menikmati tradisi syawalan berupa Pasar malam. Pasar malam yang sempat tenar di tahun 90'an dan berpindah-pindah lokasi itu kini kembali dihadirkan di lokasi semula yakni Taman Tirtonadi. Sejak awal pekan kemarin puluhan pedagang dan permainan komedi putar mulai ditata.

Malam ini pun Pasar Malam sambut Syawalan mulai ramai dikunjungi warga. Bertepatan dengan malam minggu, pengunjung mencoba permainan klasik berupa ombak banyu, tong setan, kincir angin, perahu ombak dll.

“Sudah lama kangen dengan pasar malam. Dulu sewaktu saya masih kecil selalu diajak orang tua main ke pasar malam yang ada di Taman Tirtonadi setelah sholat tarawih. Alhamdulillah sekarang ada lagi, rasanya nostalgia,” ucap Agus (30) warga Kedungjenar yang ditemui di Taman Tirtonadi.

Terpisah, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Kunto Aji, mengatakan bahwa sesuai dengan tema yang diusung sebelumnya yakni Tirtonadi Reborn (terlahir kembali). Jadi tahun ini tradisi pasar malam sambut syawalan balik lagi digelar di Taman Tirnonadi.

Menurutnya tradisi pasar malam sambut syawalan atau lebih tepatnya hiburan pasar malam pernah diadakan di Taman Tirtonadi di era tahun 90-an. Namun kemudian pindah ke beberapa lokasi. Pernah digelar di Taman Sarbini di seberang jalan di depan gedung DPRD, di eks Terminal hingga lapangan Bhayangkara.

Namun setelah Taman Sarbini dan eks Terminal dibangun, tradisi pasar malam tersebut sempat vakum lantaran tidak ada tempat yang layak. Bahkan tahun lalu hiburan malam itu tidak digelar.

“Melalui tradisi syawalan itu, kami ingin memberikan hiburan kepada masyarakat,” tandas Kunto Aji yang juga mantan kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Blora.

Berbeda dengan syawalan di daerah lain yang baru digelar pada bulan Syawal atau ketika Lebaran Idul Fitri, syawalan di Blora justru diselenggarakan pertengahan bulan Ramadan hingga beberapa hari setelah Lebaran.

Tradisi pasar malam sambut syawalan di taman Tirtonadi Blora sudah mulai dibuka sejak Selasa (6/6) malam. Event itu tak ubahnya pasar malam. Pedagang aneka barang kebutuhan Lebaran dan sarana hiburan tersedia di lokasi.

Selepas shalat tarawih, sejumlah pengunjung mulai memadati kawasan Tirtonadi. Mereka hendak menikmati aneka permainan hiburan yang disuguhkan di lokasi tersebut. Selepas pukul 21.00 wib, pasar hiburan rakyat itupun tutup. (am/res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved