Blora on News :
Home » , » Puasa Tak Kurangi Semangat Gotong Royong Bantu Petani Panen Padi

Puasa Tak Kurangi Semangat Gotong Royong Bantu Petani Panen Padi

infoblora.com on Jun 11, 2017 | 1:00 PM

Petani dan TNI gotong royong memanen padi di Desa Purwosari, kemarin. (foto: dok-ib)
BLORA. Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, hal tersebut tidak menjadi alasan untuk tidak melakukan kegiatan. Apalagi kegiatan gotong royong membantu petani melakukan panen padi. Seperti yang dilakukan Serka Mugiyono Babinsa Ramil 01/Kota Kodim 0721/Blora yang membantu petani panen padi di Desa Purwosari.

Tanpa rasa lelah, anggota TNI ini berbaur dengan para petani di tengah sawah yang sedang sibuk memanen padi dengan mesin “dos” manual. Sesekali bergantian ikut memutar pedal mesin “dos” bersama petani. Ia membantu panen padi di sawah milik Tahar anggota kelompok tani Sido Dadi Desa Purwosari seluas 0,25 hektare.

“Membantu petani sudah menjadi tanggung jawab Babinsa dalam rangka mendukung dan mensukseskan Swasembada pangan nasional di wilayah binaan. Adapun hari ini (kemarin-red) kami bisa membantu panen padi di hamparan sawah milik Pak Tahar dengan hasil 3 ton,” ungkap Serka Mugiyono.

Tahar, pemilik sawah mengucapkan terima kasih atas dibantunya proses panen padi dari TNI. Menurutnya, selain membantu panen, TNI juga melakukan pembinaan dan pendampingan penanaman padi, jagung dan kedelai.

“Jika kami mengalami hambatan dalam usaha pertanian, TNI selalu hadir bersama Dinas Pertanian untuk memberikan solusi,” ucapnya.

Terpisah, Danramil 01/Kota Kapten Chb M. Rifai mengatakan bahwa dalam usaha meningkatkan Ketahanan Pangan memang dibutuhkan kemitraan yang kuat dari seluruh elemen masyarakat, tidak terkecuali Babinsa selaku Pembina Desa. Babinsa harus mengetahui dan membantu kendala-kendala yang di hadapi para petani yang menjadi tanggung jawab daerah binaannya.

“Jadi sudah menjadi tugasnya TNI turun ke sawah membantu petani, bergotong royong membantu panen padi seperti yang dilakukan Serka Mugiyono,” ujarnya. (res-ib)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved