Blora on News :
Home » , » Mulai Dipasang, 50 Tiang LPJU Siap Terangi Pemudik di Jalur Blora-Cepu

Mulai Dipasang, 50 Tiang LPJU Siap Terangi Pemudik di Jalur Blora-Cepu

infoblora.com on Jun 11, 2017 | 6:30 PM

Tiang LPJU baru telah dipasang di tepi jalan nasional Blora-Cepu tepat di depan Gedung Bulog Tempellemahbang Jepon. (foto: dok-infoblora)
BLORA. Jalan nasional Blora-Cepu sepanjang 35 kilometer bersiap menyambut pemudik. Selain melakukan perbaikan jalan, Kementerian Perhubungan melalui Satuan Kerja (Satker) Perhubungan Darat tahun ini juga memasang 50 tiang lampu penerangan jalan umum (LPJU) di jalur tersebut.

Berdasarkan pemantauan di lapangan, pemasangan LPJU mulai dilakukan minggu lalu mulai dari Desa Tempellemahbang Kecamatan Jepon ke arah Jiken. Sebanyak 50 tiang LPJU dipasang dengan jarak 100 meter.

Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Blora, Ir. Samsul Arief ketika dihubungi, membenarkan bahwa pemasangan LPJU sebanyak 50 tiang itu dilakukan oleh Kementerian Perhubungan melalui Satker Perhubungan Darat.

“Iya betul, itu yang memasang dari Kemenhub melalui Satker Perhubungan Darat. Seiring dengan berubahnya jalan Blora-Cepu dari jalan provinsi menjadi jalan nasional sejak 2016 lalu, maka sekarang perbaikan, perawatan jalan hingga pemasangan rambu dilakukan oleh Kementerian Perhubungan,” ucapnya, kemarin.

Meskipun telah menjadi jalan nasional, menurutnya dalam melakukan perbaikan dan perawatan selalu dilakukan koordinasi dengan Dinrumkimhub Blora yang ada ada di daerah.

“Pemasangan 50 buah LPJU ini sebelumnya juga dikoordinasikan dengan kami. Setelah dipasang nanti, asetnya akan diserahkan kepada Pemkab. Sehingga tagihan pembayaran penggunaan listrik LPJU di setiap bulannya akan dibayar oleh Pemkab,” lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa saat ini 50 LPJU yang baru dipasang itu masih belum menyala semuanya.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah menyala sehingga jalur Blora-Cepu lebih terang,” harapnya.

Berbeda dari LPJU yang berada di tengah hutan di jalur Blora-Cepu yang menggunakan tenaga surya, LPJU baru ini sepenuhnya menggunakan aliran listrik kabel PLN. Sehingga tidak terpengaruh dengan minimnya sinar matahari saat musim hujan yang menyebabkan LPJU solar cell banyak yang tidak menyala. (res-ib)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved