Blora on News :
Home » , » Tahapan Pilkades Serentak 2017 Dimulai, Ini Jadwalnya

Tahapan Pilkades Serentak 2017 Dimulai, Ini Jadwalnya

infoblora.com on May 10, 2017 | 8:30 AM

Pembekalan pelaksanaan Pilkades serentak 2017 kepada penyelenggara dalam forum Santiaji. (foto: dok-ib)
BLORA. Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak oleh 27 desa pada 29 Juli 2017 nanti mulai dilaksanakan. Persiapan yang dilakukan sejak Maret lalu, kini memasuki tahap pembekalan Panitia Pilkades (santiaji) dan pengumuman/pendaftaran bakal calon.

Selasa (9/5/2017) kemarin, seluruh Panitia Pilkades dari 27 desa plus Camat dan Forkopimcam dikumpulkan di Ruang Pertemuan Setda Kabupaten Blora guna mengikuti pembekalan (santiaji) tentang tata cara penyelenggaraan Pilkades.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si, Sekda Drs. Bondan Sukarno MM, Asisten Pemerintahan Sekda Setyo Edy SH, M.Hum dan Kepala Bagian Pemdes Setda Riyanto Warsito beserta para narasumber juga peserta Santiaji.

Wakil Bupati H. Arief Rohman, M.Si mewakili Bupati Blora membuka acara tersebut. Dalam sambutannya, ia menyampaikan harapannya agar pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Blora 2017 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sebagai modal pembangunan desa 6 tahun ke depan.

Lebih lanjut, Arief Rohman berpesan kepada panitia penyelenggara untuk bekerja secara profesional. “Saya minta, panitia dapat menjaga netralitas, jujur, adil dan bersih KKN. Laksanakan tahapan Pilkades sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku”, tegasnya.

Pada kesempatan ini, Arief Rohman juga menekankan kepada panitia untuk mewaspadai terhadap para calon Kades dalam mempengaruhi pendukungnya, baik dengan memberi uang lewat botoh/ sabet, atau janji-janji, sehingga tidak timbul permasalahan money politic.

Dia juga meminta agar kampanye dilakukan secara tertutup dengan penyampaian visi dan misi para kandidat calon Kades untuk menghindari benturan antara pendukung apabila dilakukan secara terbuka dan melarang melakukan kampanye di tempat-tempat umum (sekolah, tempat ibadah) dan mendiskreditkan/ mencemarkan nama baik calon Kades lain.

Sementara itu untuk pengisian perangkat desa, sesuai petunjuk Bupati akan dilaksanakan setelah Pilkades selesai. ”Nanti setelah Pilkades beres, baru akan dirumuskan petunjuk teknis untuk pengisian perangkat desa,” ucap Asisten Pemerintahan Sekda Setyo Edy SH, M.Hum.

Untuk diketahui 27 desa di 13 kecamatan yang akan menggelar pilkades serentak tahun ini adalah Kecamatan Banjarejo yakni Desa Buluroto, Desa Wonosemi, Desa Jatiklampok dan Desa Balongsari. Kecamatan Tunjungan ada Desa Sitirejo dan Desa Tamvahrejo.

Lalu Kecamatan Ngawen ada 3 Desa yang akan melaksanakan Pilkades yakni Srigading, Bradag, Sumberejo. Kecamatan Japah juga ada 3 Desa yakni Japah sendiri, Gaplokan dan Krocok. Kemudian Kecamatan Todanan ada 3 Desa juga yakni Sendang, Kacangan dan Kembang.

Lantas Kecamatan Jepon ada Desa Gersi dan Desa Brumbung, Kecamatan Bogorejo hanya satu Desa yakni Prantaan. Sementara itu Kecamatan Jiken ada Desa Singonegoro dan Desa Genjahan. Kecamatan Sambong satu Desa di Brabowan dan Kecamatan Cepu juga satu Desa di Jipang. Adapun Kecamatan Randublatung ada 2 desa di Bekutuk dan Gembyungan. Kradenan ada 2 Desa di Nglebak dan Nginggil, serta terakhir satu desa di Kecamatan Jati yakni Desa Kepoh.

Jadwal Tahapan Pilkades Serentak 2017
  1. 9-22 Mei 20017 Pengumuman Pendaftaran Bakal Calon Kades
  2. 23 Mei - 11 Juni 2017 Penjaringan Bakal Calon Kades
  3. 10-15 Mei 2017 Pengumuman Daftar Pemilih Sementara
  4. 30 Mei - 2 Juni 2017 Pengumuman Daftar Pemilih Tetap (DPT)
  5. 12-14 Juli 2017 Pengumuman dan Penetapan Calon Kades
  6. 21-27 Juli 2017 Penetapan jumlah dan lokasi TPS
  7. 21-25 Juli 2017 Masa Kampanye
  8. 26-28 Juli 2017 Masa Tenang
  9. 29 Juli 2017 Pemungutan Suara
  10. 2 Agustus 2017 Penetapan Kades Terpilih
  11. September 2017 Pelantikan dan Sumpah/Janji Kades Terpilih oleh Bupati.
(sumber : Pemdes Setda | jo-ib)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved