Blora on News :
Home » , » Polisi Berikan Teguran Hingga Tilang Pelajar Konvoi Kelulusan

Polisi Berikan Teguran Hingga Tilang Pelajar Konvoi Kelulusan

infoblora.com on May 3, 2017 | 8:00 AM

Petugas terpaksa menilang sejumlah siswa yang ketahuan melakukan konvoi kelulusan dengan tidak mematuhi aturan lalu-lintas. (foto: dok-resbla)
BLORA. Meskipun telah dilayangkan surat larangan melakukan konvoi motor untuk merayakan kelulusan SMA dari Dinas Pendidikan dan sekolah. Ternyata setelah pengumuman dilaksanakan Selasa sore (2/5) masih banyak dijumpai pelajar kelas XII SMA/SMK yang nekat melakukan konvoi dan aksi corat coret. Tidak hanya pelajar sekolah negeri saja, pelajar sekolah swasta juga banyak yang berkonvoi.

Agar konvoi tersebut tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan berlalu-lintas, Polres Blora pun memerintahkan seluruh anggotanya yang ada di tingkat Polsek untuk melakukan penindakan jika mengetahui ada pelajar konvoi dengan tidak mematuhi aturan lalu-lintas.

Karena menurut Kapolres Blora AKBP Surisman SIK, aksi konvoi para siswa itu dinilai membahayakan pengguna jalan lainnya. Konvoi kendaraan tersebut dilakukan sore hari setelah para pelajar dinyatakan lulus oleh sekolah mereka masing-masing. Untuk mengantisipasi aksi arak-arakan atau konvoi kendaraan di jalan raya sebagai perayaan kelulusan itu pihak kepolisian Resor Blora menurunkan 300 personelnya untuk berjaga-jaga.

Petugas Satlantas Polres Blora berikan teguran kepada peljar SMK di tepi jalan
Gatot Subroto. (foto: dok-resbla)
“Kita menerjunkan sekitar 300 personel di seluruh Polsek jajaran Polres Blora, kami mengantisipasi adanya gesekan antar pelajar. Karena Kabupaten Blora ini merupakan daerah lintasan, kita khawatir sekolah-sekolah lain dari Rembang, Bojonegoro, Grobogan masuk ke Blora,” kata AKBP Surisman, S.I.K, M.H.

Menurut Kapolres, dalam konvoi perayaan kelulusan, para pelajar biasanya tidak menghiraukan safety riding, seperti tidak memakai helm, berboncengan bertiga, menggeber gas motor dengan kenalpot brong dan tentu saja tanpa melengkapi kendaraan dengan dokumen resmi.

Sementara itu Kabag Ops Kompol I Gede Arde menambahkan pihaknya menyikapi peristiwa pengumuman kelulusan siswa SMA ini dengan kewaspadaan tinggi. “Kita persiapkan betul sebab kelulusan SMA ini lebih rentan dari pemgumuman kelulusan SD maupun SMP,” ucapnya.

Dari hasil laporan sementara yang masuk dari Polres Blora sekitar 96% lebih siswa SMA/SMK sederajat yang merayakan kelulusan sore hari tadi dengan berkonvoi. Tapi amat disayangkan terlihat hampir ratusan pelajar harus ditindak tegas petugas karena nekat tidak mengindahkan himbauan dari Kepolisian.

Mereka terpaksa harus dibubarkan dan ditilang karena melanggar peraturan lalu lintas serta mengganggu ketertiban umum dan membahayakan pengguna jalan lain. Seperti di persimpangan Gudang Banyu Kunden, batas gerbang Kota dekat SMAN 2 Blora, kawasan Stadion Kridosono, Alun-alun dan Jl.Gatot Subroto.

“Terimakasih kepada para pelajar yang mengindahkan himbuan dari pihak kepolisian, dengan tidak berkonvoi dan bersikap santun dijalan, untuk para siswa yang bandel, kami harus tindak tegas supaya member efek jera,” tutup Kasat Lantas Polres Blora AKP Febriyani Aer, S.I.K. (ip-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved