Blora on News :
Home » , » Gotong Royong Memperbaiki Jalan Kampung Samin Klopoduwur

Gotong Royong Memperbaiki Jalan Kampung Samin Klopoduwur

infoblora.com on May 20, 2017 | 7:30 AM

GOTONG ROYONG : Sejumlah warga dibantu petugas LMDH Perhutanidan DInporabudpar memperbaiki jalan paving menuju Kampung Samin yang mulai bergelombang dan pecah, Jumat (19/5). (foto: dok-ib)
BLORA. Sebagai salah satu lokasi daya tarik wisata tentang kearifan lokal budaya sedulur sikep (samin), Kampung Samin yang terletak di kawasan hutan Dukuh Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo terus dipoles dan ditata agar lebih menarik.

Jumat kemarin, (19/5) Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) bersama Perhutani, Pemerintah Desa dan warga setempat melakukan gotong royong perbaikan akses jalan masuk dari Jl.Blora-Randublatung menuju Kampung Samin sepanjang 300 meter.

Sejak pagi mulai 07.30 WIB aktifitas gotong royong mulai dilaksanakan. Akses masuk ke Kampung Samin berupa jalan paving yang berada di tengah kawasan hutan jati dirapikan kembali. Sebagian paving yang pecah dan bergelombang diambil untuk diganti serta diratakan oleh para pemuda dan bapak-bapak.

TAMPAK CERIA : Gotong royong memperbaiki jalan masuk Kampung Samin
dilaksanakan dengan senang hati dan kekeluargaan. (foto: dok-ib)
Sementara itu, ibu-ibu menyiapkan sarapan bersama dan jajanan yang disiapkan di Pendopo Kampung Samin untuk dimakan bersama setelah kerja bakti selesai. Semua tampak rukun, berbaur, saling membantu demi terwujudnya keindahan dan kenyamanan di lingkungan Kampung Samin Klopoduwur.

Kepala Dinporabudpar Drs. Kunto Aji ketika dihubungi menjelaskan bahwa penataan kawasan Kampung Samin di Karangpace Klopoduwur ini merupakan salah satu wujud dukungan pengembangan daya tarik wisata.

“Sebagai aset wisata Kabupaten Blora yang berbasis kearifan lokal dan budaya, kita harus ikut merawat bersama-sama. Seperti dengan gotong royong perbaikan jalan akses masuk ke Kampung Samin ini. Perhutani sebagai salah satu BUMN yang memiliki wilayah sangat luas di Blora juga ikut bergabung. Kerjasama yang perlu untuk terus ditingkatkan,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Klopoduwur Diana Utami dan Sesepuh Kampung Samin Mbah Lasiyo mengapresiasi dan berterimakasih kepada Dinporabudpar serta Perhutani yang terlah melaksanakan kegiatan penataan kawasan Kampung Samin di desanya.

SARAPAN BERSAMA : Usai gotong royong memperbaiki jalan, seluruh petugas dan warga setempat menikmati sarapan pagi bersama-sama di Pendopo Kampung Samin Klopoduwur. (foto: dok-ib)
“Terimakasih atas seluruh bantuannya untuk menata jalan masuk ke Kampung Samin. Semoga gotong royong seperti ini bisa terus terjalin dan memupuk rasa kebersamaan diantara Pemerintah dan Masyarakatnya. Selain itu bisa mendorong peningkatan kunjungan wisata di Kampung Samin” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa belum lama ini juga ada kunjungan wisata dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang datang untuk mengenal budaya Samin serta melakukan sosialisasi aturan hukum bagi sedulur sikep Samin Klopoduwur. (ip-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

Telepon Penting

Nomor Telepon Instansi Layanan Masyarakat

(0296) 525110

(0296) 531083

(0296) 531118

MAPOLRES Blora

SATLANTAS POLRES Blora

RSUD dr.R.SOETIJONO Blora
(0296) 531009

(0296) 4319051

PLN Unit Pelayanan Jaringan Blora

Pemadam Kebakaran

(0296) 532599

(0296) 531275

(0296) 531736
BPBD Blora

PMI Kabupaten Blora

Perusahaan Air Minum PDAM Blora
*Butuh nomor lainnya, Follow @info_Blora
 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved