Blora on News :
Home » , » Festival Barongan Gaprak Bakal Ramaikan Gesper 2017 di Blok T Blora

Festival Barongan Gaprak Bakal Ramaikan Gesper 2017 di Blok T Blora

infoblora.com on May 18, 2017 | 10:00 AM

Kesenian barongan blora saat pentas di sebuah event belum lama ini. Sabtu depan akan dilombakan dengan tema barongan gaprak. (foto: dok-ib)
BLORA. Festival atau lomba kesenian barongan gaprak direncanakan bakal memeriahkan acara Gelar Seni Pertunjukan Rakyat (Gesper) 2017 yang dilaksanakan oleh Komunitas Seni Budaya (KSB) besok hari Sabtu (20/5). Bertempat di kawasan Blok T Kota Blora, acara akan dimulai pukul 08.00 WIB hingga malam harinya.

Salah satu panitia Gesper dari KSB, Edi Kalbu menerangkan bahwa kegiatan Gesper kali ini baru pertama kalinya diadakan di Blora dengan menampilkan kesenian barongan gaprak atau barongan tarung.

“Sengaja kita meriahkan dengan lomba barongan gaprak yang sudah jarang dipentaskan. Agar generasi muda tahu dan paham bagaimana kesenian barongan yang ada di jaman dahulu. Sekaligus nguri-uri kabudayan,” terangnya, ketika ditemui Rabu (17/5) kemarin.

Dalam pelaksanaan lomba nanti agar bisa berjalan sukses, ia mengaku telah melaksanakan temu teknis dengan seluruh peguyuban seni barongan yang akan mengikuti lomba. “Hari ini (kemarin-red) seluruh peserta sudah kami kumpulkan berkaitan dengan technical meeting. Nantinya masing-masing hanya diberikan waktu selama 15 menit untuk menampilkan garapannya,” lanjut Edi.

Menurutnya sementara udah ada 16 kelompok kesenian barongan yang mendaftarkan diri untuk ikut memeriahkan lomba. “Pemenang akan diambil empat grup, yakni juara satu, dua, tiga dan favorit. Panitia menyediakan piala dan uang pembinaan jutaan rupiah,” ucap Edi Kalbu.

Tidak hanya lomba barongan gaprak saja, gelaran Gesper 2017 ini juga akan diramaikan dengan kegiatan bazar kuliner dan kerajinan khas Blora. Selain itu pada Sabtu malamnya akan dilaksanakan Penganugerahan Gesper.

Ia berharap agenda Gesper ini kedepan bisa menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan sebagai saran pelestarian seni budaya lokal.

Terpisah, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Drs. Kunto Aji mengapresiasi kegiatan Gesper yang akan dilaksanakan KSB. “Terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada KSB yang akan melaksanakan kegiatan gesper. Kita siap memberikan dukungan,” ucapnya. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved