Blora on News :
Home » , » Dikucuri Rp 1,58 M, Longsoran Banjarejo Mulai Diperbaiki

Dikucuri Rp 1,58 M, Longsoran Banjarejo Mulai Diperbaiki

infoblora.com on May 26, 2017 | 3:00 AM

Papan proyek pengumuman pembangunan longsoran Jl.Banjarejo-Ngawen terpasang untuk informasi masyarakat.
(foto: res-ib)
BLORA. Setelah melalui proses lelang, akhirnya Pemkab Blora melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) mulai melaksanakan proyek perbaikan longsoran di Banjarejo. Longsoran terjadi sejak akhir 2016 tersebut hampir memutuskan jalan penghubung Banjarejo menuju Ngawen karena terus tergerus derasnya aliran anak sungai Lusi ketika usai hujan deras.

Titik longsoran tepatnya berlokasi di sebelah utara Lapangan Lang Lang Yudo Desa Banjarejo Kecamatan Banjarejo atau Polsek Banjarejo ke utara 300 meter. Jalan kabupaten yang hanya tinggal separuh itu pun kini mulai diperbaiki.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, Kamis (25/5) kemarin, sebuah alat berat berupa bego atau excavator mulai meratakan lokasi longsoran. Tanah yang tergerus longsor dinaikkan kembali dan dipadatkan ke lahan sawah milih petani. Beberapa buis beton juga telah didatangkan untuk membuat penahan tanah agar tidak mudah longsor lagi.

Sebuah excavator / bego sedang meratakan dan menata tanah longsoran. (foto: dok-ib)
Sementara untuk arus lalu-lintas diberlakukan sistem buka tutup dari kedua arah. Lokasi longsor sepanjang 100 meter diberikan pagar pengaman darurat dari tong bekas.

Adapun Kepala DPUPR Kabupaten Blora Ir. Samgautama Karnajaya MT ketika dihubungi menjelaskan bahwa proyek penanganan longsor di Banjarejo memperoleh pagu anggaran sebesar Rp 1,58 miliar dari APBD 2017.

“Anggaran itu untuk mengembalikan tanah seperti semula, membangun drainase beton sepanjang 115 meter dan talud beton sepanjang 69 meter. Proyek dikerjakan oleh CV Maju Jaya sebagai pemenang paket lelang. Sesuai dokumen lelang, proyek ditarget selesai 14 Oktober 2017 terhitung 180 hari kalender sejak 17 April lalu,” terangnya.

Selama berjalannya pembangunan, menurutnya proyek ini mendapatkan pengawasan dari Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

Suyanto (24) salah satu warga Banjarejo yang saat itu melintas mengungkapkan rasa syukurnya karena longsoran mulai diperbaiki. “Alhamdulilah longsoran mulai diperbaiki. Kami inginnya bisa selesai sebelum lebaran, tetapi jika memang tidak bisa ya tidak apa-apa. Yang penting longsorannya sudah tertangani dan semoga kualitasnya bagus,” ucapnya. (res-ib)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved