Blora on News :
Home » , » Barongan Blora Meriahkan Karnaval Seni Budaya Hari Jadi Sragen 271

Barongan Blora Meriahkan Karnaval Seni Budaya Hari Jadi Sragen 271

infoblora.com on May 25, 2017 | 9:00 AM

Anak-anak muda Blora mementaskan Barongan di malam Karnaval Seni Budaya Hari Jadi Sragen ke 271, Rabu malam (24/5). (foto: dok-ib)
SRAGEN. Kesenian Barongan Blora kembali menunjukkan pesonanya di luar daerah. Kali ini, kesenian rakyat yang sangat populer di Kabupaten Blora tersebut didaulat untuk memeriahkan pembukaan Karnaval Budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sragen ke 271.

Bertempat di Alun-alun Sragen dan berjalan hingga Taman Krido Anggo depan Pendopo Rumah Dinas Bupati Kabupaten Sragen, Barongan Blora yang dimainkan oleh anak-anak muda ini berhasil tampil bagus dan memperoleh sambutan luar biasa dari tamu undangan dan penonton di sepanjang rute, Rabu malam (24/5).

Salah satu penonton tertarik foto bersama
dengan kepala Barongan Blora. (foto: dok-ib)
“Bagus, atraktif dan penuh semangat. Teriakan hak'e hokya nya kompak. Hanya saja sayang sound systemnya kurang mendukung jadi kurang menggelegar,” ucap Irvan, salah satu penonton dari Solo yang malam itu menyaksikan di arena panggung kehormatan.

Dengan mengangkat judul Laskar Turangga Narasima, tim kesenian yang beranggotakan 35 orang ini menampilkan 14 kepala barongan dan 6 penari jaranan. Selebihnya mengambil peran sebagai penabuh gamelan yang mengiringi berjalannya atraksi.

“Kami sajikan pertunjukkan tari garapan Barongan Blora selama 4 menit untuk persembahan malam ini. Dimana semua pemainnya adalah anak-anak Blora yang sedang menempuh pendidikan di Solo. Mereka berlatih di kota perantauan dengan semangat melestarikan seni budaya daerahnya. Dan malam ini hasilnya dipertunjukkan di Sragen,” ucap Warsidi, pelatih seni barongan yang akrab disapa Pak Kedul, Rabu malam (24/5)

Adapun Dhika, salah satu pemain barongan asal Blora yang saat ini berstatus sebagai pelajar SMK 8 Surakarta (SMKI) menyatakan bahwa dirinya bangga bisa mementaskan kesenian Barongan Blora di Sragen.

“Sebagai generasi muda, baru ini yang bisa saya persembahkan untuk Blora. Semoga Barongan Blora semakin dikenal dan digemari oleh banyak orang. Saya dan teman-teman di Solo tergabung dalam paguyuban Seni Barongan Blora Samin Hits akan terus bersemangat melestarikan kesenian ini,” terangnya.

Barongan Blora "Laskar Turangga Narasima" dalam Karnaval Seni Budaya Hari Jadi Sragen ke 271. (foto: dok-ib)
Disampaikan olehnya bahwa belum lama ini Barongan Blora Samin Hits juga ikut memeriahkan Solo Menari 24 jam yang digelar di Kampus ISI Surakarta dan Pura Mangkunegaran Surakarta dalam rangka Hari Tari Sedunia 2017. 

Karnaval Seni Budaya Hari Jadi Sragen ke 271 itu sendiri diikuti oleh 16 tim kesenian dari seluruh wilayah Kabupaten Sragen. Barongan Blora tampil sebagai pembuka bersama dengan tim kesenian dari Banyumas. (res-ib)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved