Blora on News :
Home » , , » Ratusan Napi Rumah Tahanan Blora Ikuti Khataman Al-Quran

Ratusan Napi Rumah Tahanan Blora Ikuti Khataman Al-Quran

infoblora.com on Apr 20, 2017 | 10:07 PM

Napi atau warga binaan Rutan Blora mengikuti acara Khataman Al-Quran bersama-sama dengan komunitas Nusantara Mengaji, Kamis (20/4/2017). (foto: dok-ib)
BLORA. Tidak seperti hari-hari biasanya, Kamis pagi (20/4/2017) ratusan narapidana (napi) atau warga binaan yang tinggal di Rumah Tahanan (Rutan) Blora tampak memakai busana rapi. Mengenakan seragam dan sarung, berpeci, mereka berkumpul di Masjid At-Taubah yang berada di dalam kawasan rutan.

Bukan untuk melaksanakan ibadah sholat wajib berjamaah, namun para warga binaan sejumlah 221 orang ini melaksanakan kegiatan khataman Al-Quran bersama-sama. Sejak pukul 08.00 WIB mereka sudah berkumpul diawali dengan sholat sunah dhuha berjamaah dan dilanjutkan ngaji bareng.

Tidak hanya para warga binaan saja, kegiatan ini juga diikuti jamaah Nusantara Mengaji Kabupaten Blora dan segenap pimpinan serta pengurus Rutan Blora. Turut hadir Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Blora Drs. H.Nuril Anwar, MH, dan sejumlah tokoh agama.

Kepala Rutan Blora Yhoga Aditya Ruswanto Amd, IP, SH, M.Hum menerangkan bahwa kegiatan ngaji bareng atau khataman Al-Quran ini merupakan slah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Pemasyarakatan ke 53 sekaligus sebagai upaya pencerahan rohani kerjasama dengan komunitas Nusantara Mengaji serentak seluruh Indonesia.

“Peredaran narkoba yang dikendalikan oleh narapidana menjadi perhatian masyarakat luas. Maka dari itu ketaqwaan perlu ditingkatkan agar warga binaan tidak mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan, salah satunya dengan ngaji bareng atau khataman Al-Quran ini. Pembacaan Al-Quran akan dilakukan setiap hari sebagai tempat intropeksi diri bagi warga binaan serta menjadi titik balik bagi seluruh warga binaan,” ucap Yhoga.

Wabup Arief Rohman mewakili Bupati Djoko Nugroho menyampaikan apresiasi terhadap terlaksananya acara khataman Al-Quran yang diikuti warga binaan Rutan Blora bersama dengan komunitas Nusantara Mengaji tersebut.

“Dengan adanya acara ini diharapkan seluruh warga binaan dapat menjadi lebih berkarakter. Membaca Al-Quran jangan hanya saat ngaji bareng saja, baca setiap harinya dan menjadikannya sebagai kebiasaan maka manfaatnya akan lebih bisa dirasakan. Terlebih jika mengamalkan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari, akan lebih sempurna,” ucap Arief Rohman.

Adapun Kepala Kemenag Nuril Anwar menyampaikan pihaknya kedepan berencana akan membangun pondok pesantren di kawasan Rutan yang sebelumnya digagas oleh Kepala Rutan Yhoga Aditya Ruswanto. Pihaknya siap melakukan penyuluhan kepada warga binaan, karena menurutnya saat ini Kemenag Blora memiliki 360 tenaga penyuluh serta 17 tenaga penyuluh non PNS.

“Semua orang pasti memiliki salah, dengan adanya Ponpes nantinya diharapkan tidak ada lagi istilah warga binaan atau narapidana, semuanya berstatus sebagai santri Rutan Blora yang penuh dengan suasana kekeluargaan. Selain itu sisi keagamaannya akan lebih kental, sehingga pintu taubat akan terbuka lebar dan siap menjadi umat yang berguna di tengah masyarakat,” terangnya.

Terkait pembentukan pondok pesantren di lingkungan Rutan Blora, Wakil Bupati Blora menyampaikan bahwa akan dilakukan kerjasama dengan pihak terkait untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Menurutnya untuk launching pondok pesantren diharapkan dapat dilakukan sebelum bulan Ramadhan tiba.

Selain itu untuk warga binaan yang memiliki hobi pertanian nantinya akan diberikan pelatihan dan untuk warga binaan yang lainnya juga akan diberikan pelatihan sesuai dengan bakat maupun minat yang dimiliki.

Acara diakhir dengan penyerahan Wakaf Al-Quran, sound system, karpet sajadah serta infak Al-Quran secara simbolik dari Nusantara Mengaji yang diwakili Wakil Bupati Blora kepada Kepala Rutan Kabupaten Blora. (ip-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved