Blora on News :
Home » , » Puluhan PSK Cepu Jadi Sasaran Operasi Bina Kusuma 2017

Puluhan PSK Cepu Jadi Sasaran Operasi Bina Kusuma 2017

infoblora.com on Apr 20, 2017 | 10:00 AM

AKP Sumaidi memberikan penyuluhan tentang potensi gangguan keamanan, kriminalitas dan penyakit masyarakat di tengah para PSK di Kecamatan Cepu. (foto: dok-resbla)
BLORA. Operasi Bina Kusuma 2017 yang diselenggarakan oleh Satuan Binmas Polres Blora kali menyasar puluhan wanita pekerja seks komersial (PSK) di Kecamatan Cepu, Rabu pagi (19/4/2017) kemarin. Yakni para PSK yang tinggal kawasan lokalisasi Sumberagung (SA) dan Nglebok. Setelah dikumpulkan, petugas memberikan pembinaan dan penyuluhan penyakit masyarakat, serta pencegahan aksi premanisme.

Mereka tampak antusias mengikuti arahan dari petugas Kepolisian selama penyuluhan berlangsung. Beberapa diantaranya terjadi dialog tanya jawab dengan petugas mengenai potensi gangguan keamanan dan bahaya peredaran miras serta narkoba di kawasan lokalisasi.

Penyuluhan kepada warga penghuni kedua lokalisasi tersebut dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Blora AKP Sumaidi, dengan dihadiri oleh Camat Cepu Djoko Sulistiyono, dan Kapolsek Cepu yang diwakili Kanit Binmas Iptu Sujiyarno, dan Satpol PP Kecamatan Cepu.

AKP Sumaidi, dalam arahannya mengajak masyarakat yang berada di sekitar daerah Sumberagung dan Nglebok, khususnya para PSK penghuni lokalisasi tersebut untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Keamanan yang dimaksud bukan hanya ancaman tentang adanya gangguan Kamtibmas yang bersumber dari luar daerah, melainkan juga sering terjadi diakibatkan oleh warga setempat itu sendiri.

“Saya meminta agar para PSK tersebut untuk memilih pekerjaan yang lebih pantas dan layak sehingga tidak menimbulkan stigma negative di tengah masyarakat,” ujar AKP Sumaidi kepada awak media.

Bukan hanya itu saja, ia juga memberikan bimbingan rohani agar mereka bisa lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, supaya mendapatkan kehidupan yang lebih baik kedepan.

“Dengan kegiatan rutin binluh ini, diharapkan akan mampu menumbuhkan rasa kebersamaan dan rasa tanggung jawab atas keamanan dan ketertiban daerah tempat tinggal masing-masing, serta dapat memberikan energi positif kepada para PSK untuk mencari pekerjaan yang lebih pantas dan layak,” imbuh Kasat Binmas.

Kepada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), ia berharap kedepan tidak hanya melakukan pendataan PSK saja. Melainkan juga melakukan pencegahan agar keberadaan PSK di Kecamatan Cepu tidak semakin meluas dan bertambah.

Ia juga mengajak dinas terkait baik dari Dinsos P3A maupun Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk bersama-sama memberikan penyuluhan dan pelatihan keterampilan kepada para PSK tersebut supaya dikemudian hari mereka dapat berhenti bekerja sebagai penjaja seks dan lebih bisa berwira usaha yang lebih layak.

“Masalah ini merupakan tanggungjawab bersama, mari kita sebagai pelayan masyarakat untuk lebih memperhatikan permasalahan ini. Supaya mereka dapat berhenti bekerja sebagai PSK dan lebih bisa berwira usaha yang lebih layak untuk mendapat rejeki. Mereka kebanyakan bekerja seperti itu akibat permasalahan ekonomi, oleh karena itu mari semua bukan hanya kita beri penyuluhan akan tetapi kita beri pelatihan kerja untyuk bekal dirinya dimasa yang akan datang,” pungkas AKP Sumaidi. (ip-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved