Blora on News :
Home » , » 9 Gendruwo JMPPK Blora Gelar Aksi Tolak Pabrik Semen

9 Gendruwo JMPPK Blora Gelar Aksi Tolak Pabrik Semen

infoblora.com on Apr 12, 2017 | 8:30 PM

Gendruwo Pegunungan Kendeng turun gunung di Perempatan Grojogan Blora
untuk menyuarakan penolakan pabrik semen di Rembang. (foto: dok-ib)
BLORA. Setelah menggelar aksi teaterikal dengan cor kaki, Jumat (24/3) bulan lalu sebagai wujud penolakan pembangunan Pabrik Semen di Pegunungan Kendeng yang ada di Kebupaten Rembang. Kini gabungan LSM yang mengatasnamakan Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) Blora kembali menggelar aksi damai pada hari Rabu (12/4/2017) di perempatan lampu merah Grojogan Kota Blora.

Tujuannya tidak beda jauh, yakni menolak pembangunan Pabrik Semen Indonesia di Pegunungan Kendeng Rembang. Aksi kali ini diselenggarakan dengan bentuk pemukulan gong sebagai tanda bahaya akan terjadinya kerusakan alam di Pegunungan Kendeng oleh sembilan sosok gendruwo yang turun gunung.

Selain pemukulan gong, para gendruwo yang memakai topeng jaka lodra dari kesenian Barongan Blora ini juga membentangkan spanduk bertuliskan “Tolak Pabrik Semen, Selamatkan Pegunungan Kendeng. Selamatkan Jawa dari Malapetaka”, sambil membagikan selebaran kepada para pengguna jalan yang berhenti di lampu merah. Tidak ada orasi sekalipun.

Meskipun cuaca terik, mereka tak gentar mengenakan kostum topeng gendruwo sambil menyuarakan penolakan pabrik seman lewat pembentangan spanduk. (foto: dok-ib)
Eko Arifianto sebagai koordinator aksi menjelaskan bahwa aksi damai ini dilaksanakan untuk mengawal akan diumumkannya hasil Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). Sengaja memang menampilkan sembilan gendruwon pukul gong tanda bahaya. Sekaligus sebagai simbol bahwa kehidupan mereka sedang terancam dan diganggu. Sehingga tanda bahaya harus dibunyikan, masyarakat harus diingatkan dan disadarkan. Sembilan merupakan angka yang utama dan angka yang baik. Diharapkan bisa membawa kebaikan bagi semuanya.

“Hari ini kami Gendruwon kendeng memukul gong sebagai tanda bahaya terancamnya Ibu Bumi Pegunungan Kendeng atas terbitnya izin baru Ganjar Pranowo,” kata Eko Arifianto.

(berita sebelumnya : klik - Aksi Tolak Pabrik Semen Rembang Oleh JMPPK Blora Berjalan Damai)


Selama aksi berlangsung mulai pukul 11.00 WIB hingga 12.30 WIB tersebut, mereka bergantian memukul gong sambil membentangkan spanduk. Tidak ada pengamanan khusus dari pihak Kepolisian. Aksi berjalan lancar hingga massa yang berjumlah belasan itu membubarkan diri secara tertib. (ip-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved