Blora on News :
Home » , » 450 Personil Yonif 410 Alugoro Blora Jaga Perbatasan RI-PNG 9 Bulan

450 Personil Yonif 410 Alugoro Blora Jaga Perbatasan RI-PNG 9 Bulan

infoblora.com on Apr 22, 2017 | 9:56 PM

450 personil TNI Yonif 410 Alugoro Blora dilepas untuk berangkat menjaga perbatasan RI-Papua Nugini di Papua.
(foto: dok-infoblora) 
BLORA. Guna menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari potensi gangguan keamanan dari luar negeri, khususnya di perbatasan darat Indonesia-Papua Nugini. Personil Bataliyon Infanteri (Yonif) 410 Alugoro Blora sebanyak 450 orang diberangkatkan ke Papua pada Sabtu pagi (22/4/2017).

Mereka berangkat dengan menggunakan kapal dari Pelabuhan Tangjung Perak Surabaya. Sebelumnya, Jumat sore (21/4/2017) dilaksanakan upacara pelepasan di lapangan Makoyonif 410 Alugoro oleh Bupati Blora Djoko Nugroho yang diwakili Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si. Turut hadir dalam upacara pelepasan tersebut, Dandim 0721 Blora Letkol Inf Susilo S.Sos, Kapolres Blora AKBP Surisman SIK, MH, serta jajaran Forkopimda lainnya.

“Selamat bertugas, jaga nama baik Bangsa dan Negara. Kita sebagai warga Blora ikut bangga karena ratusan anggota Yonif 410 Alugoro bisa ikut melaksanakan pengamanan batas wilayah negara di Papua yang berbatasan dengan Papua Nugini. Tidak semua anggota TNI bisa mendapatkan kesempatan seperti ini,” ucap Arief Rohman.

Satgas Pamtas Yonif 410 Alugoro Blora bersiap berangkat ke Papua.
(foto: dok-infoblora)
Menurutnya, tugas untuk menjaga perbatasan NKRI dengan Papua Nugini merupakan bagian dari pelaksanaan tugas pengabdian kepada Bangsa dan Negara. Oleh karena itu seluruh personil harus bisa melaksanakannya dengan baik.

Kehadiran satuan tugas pengamanan perbatasan bertujuan untuk memberikan rasa aman dan damai dalam kehidupan bermasyarakat. Maka ia meminta seluruh personil agar menghindari terjadinya pelanggaran dalam bentuk apapun dan sekecil apapun yang dapat mempengaruhi citra TNI.

“Dalam menjalankan tugas negara, saya berharap semua personil TNI bisa menjalin hubungan baik dengan masyarakat yang ada di perbatasan. Implementasikan sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI. Selain itu aplikasikan juga komunikasi sosial dengan masyarakat,” lanjut Arief Rohman.

Sementara itu Komandan Yonif 410 Alugoro Blora Letkol Inf Heri Amrullah menyampaikan bahwa tugas 450 personil TNI yang berangkat ke Papua tersebut tidak hanya menjaga perbatasan saja. Melainkan juga melaksanakan edukasi kepada masyarakat perbatasan tentang nilai-nilai nasionalisme dan bela negara.

“Mereka akan bertugas di perbatasan darat NKRI-Papua Nugini selama 9 bulan. Ini sudah merupakan kegiatan rutin TNI untuk menjaga perbatasan negara. Sehingga harus benar-benar dilaksanakan secara baik,” tegasnya. (ip-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved