Blora on News :
Home » , » 27 Desa di Blora Bakal Gelar Pilkades Serentak 29 Juli Mendatang

27 Desa di Blora Bakal Gelar Pilkades Serentak 29 Juli Mendatang

infoblora.com on Apr 5, 2017 | 7:30 PM

Pemkab Blora akan melaksanakan Pilkades Serentak pada 29 Juli 2017.
(foto: ilustrasi)
BLORA. Pemkab Blora tahun 2017 ini akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di 27 desa yang tersebar di 13 Kecamatan. Dimana pada tahun 2017 ini masa kepemimpinan Kades di 27 desa tersebut akan habis, sehingga perlu dilakukan pemilihan kembali. Hal itu dikatakan Bupati Djoko Nugroho melalui Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Blora Riyanto Warsito dalam acara silahturahmi Camat se Kabupaten Blora belum lama ini.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Blora No 141/214/2017 tentang Pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Blora 2017, menurutnya Pilkades serentak itu akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli mendatang.

“Sesuai SK yang baru saja keluar, Pilkades akan dilaksanakan 29 Juli. Sedangkan setelah itu baru akan dilaksanakan pengisian perangkat desa. Kami sedang susun regulasinya,” ucap Riyanto Warsito.

Sebelumnya sempat muncul tiga opsi terkait waktu pelaksanaan pilkades. Opsi pertama adalah pada Mei sebelum bulan puasa Ramadan, kedua pada Juli setelah Lebaran dan opsi ketiga pilkades digelar Agustus. Dari beberapa opsi tersebut, Bupati memutuskan pilkades serentak direncanakan akan digelar 29 Juli setelah Lebaran.

Riyanto Warsito mengatakan, untuk melaksanakan pilkades serentak, Pemkab telah menyiapkan sejumlah tahapan kegiatan. Diawali dari tahapan persiapan, pencalonan, pemungutan suara serta tahapan penetapan, pengesahan dan pelantikan. Bupati menghendaki agar tahapan Pilkades terlebih dahulu disosialisasikan kepada seluruh Camat dan Kepala Desa.

“Menurut rencana pekan depan kami akan undang para camat dan pihak desa yang akan melaksanakan pilkades. Kami akan sampaikan SK Bupati tentang pilkades itu sekaligus menyosialisasikan persiapan pembentukan panitia pilkades,” kata Riyanto.

Adapun Bupati Djoko Nugroho menegaskan bahwa Pilkades serentak tahun 2017 ini harus berjalan sukses. Tentang banyaknya pertanyaan mengenai kapan pelaksanaan pengisian perangkat desa, ia memastikan hal tersebut akan dilakukan setelah pelantikan Kades terpilih hasil Pilkades serentak 29 Juli mendatang.

Untuk diketahui 27 desa di 13 kecamatan yang akan menggelar pilkades serentak tahun ini adalah Kecamatan Banjarejo yakni Desa Buluroto, Desa Wonosemi, Desa Jatiklampok dan Desa Balongsari. Kecamatan Tunjungan ada Desa Sitirejo dan Desa Tamvahrejo.

Lalu Kecamatan Ngawen ada 3 Desa yang akan melaksanakan Pilkades yakni Srigading, Bradag, Sumberejo. Kecamatan Japah juga ada 3 Desa yakni Japah sendiri, Gaplokan dan Krocok. Kemudian Kecamatan Todanan ada 3 Desa juga yakni Sendang, Kacangan dan Kembang.

Lantas Kecamatan Jepon ada Desa Gersi dan Desa Brumbung, Kecamatan Bogorejo hanya satu Desa yakni Prantaan. Sementara itu Kecamatan Jiken ada Desa Singonegoro dan Desa Genjahan. Kecamatan Sambong satu Desa di Brabowan dan Kecamatan Cepu juga satu Desa di Jipang. Adapun Kecamatan Randublatung ada 2 desa di Bekutuk dan Gembyungan. Kradenan ada 2 Desa di Nglebak dan Nginggil, serta terakhir satu desa di Kecamatan Jati yakni Desa Kepoh. (ip-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved