Blora on News :
Home » , » Kemnaker RI Latih Kewirausahaan Pemuda Ansor Japah

Kemnaker RI Latih Kewirausahaan Pemuda Ansor Japah

infoblora.com on Mar 23, 2017 | 10:26 PM

Pembukaan pelatihan kewirausahaan oleh BBPP Kemnaker RI di Ponpes Al Muslim Beganjing Kecamatan Japah. (foto: dok-ansorbla)
BLORA. Pengurus Cabang GP Ansor Blora bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI melaksanakan pelatihan kewirausahaan di Kecamatan Japah selama 4 hari mulai 21 Maret hingga 24 Maret 2017. Bertempat di Pondok Pesantren (ponpes) Al Muslim Desa Beganjing, pelatihan kewirausahaan ini diiukuti para pemuda sejumlah 50 orang.

Hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut Teti Hariyanti perwakilan Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Kemnaker RI. Ia menuturkan bahwa pelatihan yang ditujukan untuk pemuda Ansor ini dilaksanakan dalam dua keahlihan, yakni ketrampilan bengkel las dan perkayuan.

“Kami ingin para pemuda Ansor bisa menjadi pelopor kemandirian usaha di tengah masyarakat. Sehingga bisa menjadi contoh untuk pemuda lainnya, terutama yang ada di pedesaan. Jika mereka nanti bisa mandiri dalam membuka usaha, bukan mustahil akan bisa jadi pengusaha besar,” ucapnya.

Peserta pelatihan mempraktekkan ilmu perkayuan yang diperolehnya.
(foto: dok-ansorbla)
Ketua Panitia Pelatihan Lilik Zubaidi mengatakan bahwa selama pelatihan seluruh peserta dibagi menjadi 2 kelompok besar sesuai keahlian yang diminati. Yakni sebanyak 25 orang mengikuti ketrampilan las dan 25 orang tentang perkayuan.

“Pelatihan ini merupakan program pengembangan ketrampilan bagi calon wirausaha, khususnya di kalangan pemuda Ansor. Selama empat hari peserta akan digembleng oleh para tutor sehingga diharapkan bisa paham betul. Tidak hanya teori, namun jua praktek,” tuturnya.

Bentuk praktek lebih banyak dilakukan oleh instruktur dari BBPP Kementrian Ketenagakerjaan. Menurutnya perbengkelan las dan perkayuan selama ini cukup potensial di kembangkan di Blora, sehingga nantinya bisa menciptakan peningkatan perekonomian di masyarakat. Serta menjadi pengusaha handal di Blora.

Adapun Ketua PC Ansor Blora Riyadi menambahkan kalau adanya pelatihan tersebut merupakan bukti dan bentuk nyata kalau Ansor ingin agar kader-kader yang ada mampu menumbuhkan kewirausahaan.

“Ini sebagai salah satu gerakan menciptakan kader dan masyarakat untuk berwirausaha dengan bekal yang diterima dalam pelatihan ini,” kata Riyadi yang juga anggota DPRD Blora ini. (ip-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved