Blora on News :
Home » , » Perbaiki Tata Kota Cepu, Pemkab Blora Anggarkan Rp 20,25 Miliar

Perbaiki Tata Kota Cepu, Pemkab Blora Anggarkan Rp 20,25 Miliar

infoblora.com on Feb 22, 2017 | 5:00 AM

Kota Kecamatan Cepu yang terkesan semrawut, tahun ini akan ditata dengan sejumlah proyek perbaikan infrastruktur. (foto: dok-ib)
BLORA. Rencana penataan wilayah Kota Kecamatan Cepu yang pernah dilontarkan Bupati Blora Djoko Nugroho saat meresmikan Gedung Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) awal Januari lalu terus ditindaklanjuti. Dimana tahun ini Pemkab Blora melalui tiga dinas terkait akan melakukan pembangunan sejumlah infrastruktur dan taman kota dengan anggaran total Rp 20,25 miliar bersumber dari APBD 2017.

Ketiga dinas tersebut adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub), serta Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM.

Menurut Camat Cepu Joko Sulistiyono, dana sebesar itu akan digunakan untuk perbaikan jalan, pembangunan trotoar, penataan taman dan ruang terbuka, penambahan lampu penerangan jalan hingga revitalisasi pusat perdagangan.

“Ada banyak infrastruktur yang akan diperbaiki dan dibangun untuk mempercantik Cepu sebagai pintu gerbang Jawa Tengah dari timur. Mulai dari perbaikan trotoar dan drainase hingga perbaikan sejumlah ruas jalan protokol di Kota Cepu,” kata Joko Sulistiyono, kemarin.

Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Blora, Samsul Arief mengemukakan, trotoar dan drainase di Kecamatan Cepu yang akan diperbaiki tahun ini di antaranya berlokasi di Jalan Ronggolawe-Jalan RSU Cepu, Jl.Surabaya kawasan Ketapang, kawasan Plaza hingga jalan Pemuda serta beberapa ruas jalan lainnya.

“Selain memperbaiki drainase, penampilan trotoar di kanan kiri jalan juga akan dipercantik ,” tandasnya.

Perbaikan trotoar dan drainase itu bukan tanpa alasan. Sebab, selama ini Kota Cepu kerap dilanda banjir saat turun hujan lebat. Drainase yang kurang bagus menjadi salah satu penyebab air tidak mengalir lancar. Akibatnya, hujan deras dengan durasi singkat saja, air menggenang di sejumlah ruas jalan protokol.

Sementara itu Kepala Bidang Kelistrikan dan Pertamanan Dinrumkimhub Blora, Langgeng Warsito mengatakan bahwa tahun ini juga akan dilaksanakan pembangunan kawaqsan Tuk Buntung sebagai ruang terbuka publik. Panggung permanen akan dibangun dengan tampilan baru, begitu juga dengan lapangan di sebelah selatannya akan ditata.

“Panggung akan diperbaharui, lalu saluran airnya diperbaiki sehingga tak mudah kebanjiran saat hujan deras. Untuk permukaan lapangan akan dipasang paving kombinasi batu alam. Beberapa lampu penerang yang cantik juga akan ditambahkan,” jelasnya.

Taman Seribu Lampu juga akan ditata, yakni akan ada pembangunan Tugu Arjuna Wiwaha mengendarai kereta kuda sebagai landmark baru Kota Cepu.

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM akan ditugasi untuk melaksanakan revitalisasi Pasar Plaza Cepu yang ada di ujung Jl.Pemuda. Pasar tersebut akan diperbaiki tahun ini juga, bersamaan dengan pembangunan Pasar Blora tahap satu. (ip-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved