Blora on News :
Home » , » Gratis, Bulan Vitamin A Tingkat Kabupaten Dicanangkan

Gratis, Bulan Vitamin A Tingkat Kabupaten Dicanangkan

infoblora.com on Feb 21, 2017 | 1:30 PM

Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho memberikan tetesan vitamin A kepada balita di Posyandu Lestari Handayani Kelurahan Jepon. (foto: ip-infoblora)
BLORA. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh balita di Kabupaten Blora, Dinas Kesehatan (Dinkes) pada hari Selasa (21/2/2017) melaksanakan pencanangan Bulan Vitamin A untuk anak-anak secara gratis. Dimana anak-anak balita diberikan vitamin A secara gratis oleh Pemkab melalui Posyandu dan Puskesmas.

Pencanangan itu dilaksanakan secara simbolis di Posyandu Lestari Handayani RT 04/RW07 Kelurahan Jepon, Kecamatan Jepon oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj. Umi Kulsum bersama Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si dan Ketua DPRD Ir. H. Bambang Susilo.

Wakil Bupati H.Arief Rohman memberikan vitamin A kepada balita. (foto: ip-ib)
Ketiga tokoh Kabupaten Blora ini memberikan tetesan vitamin A kepada balita yang ada di posyandu tersebut. Tidak hanya diberikan vitamin A saja, balita juga diperiksa kesehatannya, imunisasi, dan ditimbang berat badannya.

Kepala Dinkes Kabupaten Blora dr.Heny Indriyanti, M.Kes yang diwakili Sekretaris Dinkes Slamet Nurcahyo, SH, mengatakan bahwa pemberian vitamin A kepada balita setiap tahun dilakukan sebanyak 2 kali yakni Februari dan Agustus.

“Dinas Kesehatan memberikan tetesan vitamin A pada bulan Februari dan Agustus. Silahkan kepada ibu-ibu untuk mengantarkan anaknya ke Pusyandu dan Puskesmas terdekat agar bisa mendapatkannya. Gratis, tidak dipungut biaya sama sekali,” ujarnya.

Adapun Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Umi Kulsum yang tidak lain adalah istri Bupati Blora menyatakan bahwa pemberian vitamin A kepada balita merupakan bentuk layanan pemerintah untuk meningkatkan mutu kesehatan rakyatnya, terutama pertumbuhan anak-anak.

“Monggo ibu-ibu segera membawa anak-anaknya ke Pusyandu. Tetangga dan saudaranya diberitahu agar bisa ikut mendapatkan vitamin A. Karena ini penting untuk pertumbuhan kesehatan anak,” kata Umi Kulsum.

Pencanangan bulan vitamin A di Kelurahan Jepon. (foto: ip-ib)
Sementara itu Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si memaparkan bahwa menjaga ketahanan tubuh agar tidak mudah terkena infeksi merupakan hal penting. Salah satu caranya dengan melakukan imunisasi dan pemberian vitamin A. “Ayo adik-adik, ibu-ibu segera manfaatkan kesempatan ini karena bisa untuk menangkal berbagai macam penyakit serta membantu proses pertumbuhan,” paparnya.

Imbauan pemberian vitamin A, oleh Dinkes Blora juga diserukan melalui mobil unit informasi dan publikasi dengan berkeliling melintas jalan yang dilalui dan dinilai strategis sehingga bisa dengan mudah diterima warga masyarakat.

Pada pencanangan tersebut sebanyak 65 anak dan 40 murid PAUD mendapatkan vitamin A. Selain itu juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada 30 lansia dan 100 ibu hamil secara gratis oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Jepon.

Kepada para ibu-ibu hamil, Hj. Umi Kulsum menyarankan agar secara berkala memeriksakan kehamilannya dan mengkonsumsi makanan bergizi agar pertumbuhan janin sang jabang bayi bisa tumbuh dengan sehat. Hal itu ia sarankan karena angka kematian bayi dan ibu melahirkan di Blora masih tinggi, sehingga perlu dilakukan sosialisasi untuk menjaga kesehatan bagi ibu-ibu hamil.

Acara dilanjutkan meninjau hasil kerajinan batik dan jamu tradisional yang dikelola Posyandu Lestari Handayani. (ip-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

Telepon Penting

Nomor Telepon Instansi Layanan Masyarakat

(0296) 525110

(0296) 531083

(0296) 531118

MAPOLRES Blora

SATLANTAS POLRES Blora

RSUD dr.R.SOETIJONO Blora
(0296) 531009

(0296) 4319051

PLN Unit Pelayanan Jaringan Blora

Pemadam Kebakaran

(0296) 532599

(0296) 531275

(0296) 531736
BPBD Blora

PMI Kabupaten Blora

Perusahaan Air Minum PDAM Blora
*Butuh nomor lainnya, Follow @info_Blora
 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved