Blora on News :
Home » , » Berlangsung Meriah, Ini Pemenang Pesta Siaga Kabupaten Blora 2017

Berlangsung Meriah, Ini Pemenang Pesta Siaga Kabupaten Blora 2017

infoblora.com on Feb 23, 2017 | 3:00 AM

Para pemenang Pesta Siaga berfoto dengan Ketua Harian Kwarcab Blora, mereka akan mewakili Blora ke tingkat Binwil Pati. (foto: ip-infoblora)
BLORA. Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Blora pada hari Rabu (22/2/2017) melaksanakan kegiatan Pesta Siaga yang diikuti perwakilan seluruh kwartir ranting (kwarran) se Kabupaten Blora. Bertempat di lapangan SMP Negeri 1 Japah, Pesta Siaga dibuka oleh Bunda Siaga Hj. Umi Kulsum dengan disaksikan Bupati Djoko Nugroho selaku Kamabicab dan Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si selaku Ketua Kwarcab Blora.

Sejak pukul 08.00 WIB ratusan anggota barung Siaga dari berbagai pangkalan Sekolah Dasar (SD) mulai memadati lapangan. Suasana hangat dan penuh kasih sayang begitu terasa saat pembukaan Pesta Siaga di lapangan itu. Sesekali yel-yel, nyanyian kompak, dan aneka jenis tepuk tangan dilakukan untuk memeriahkan suasana.

Saat upacara pembukaan, banyak petuah-petuah yang disampaikan kepada adik-adik pramuka Siaga oleh Bunda Siaga Umi Kulsum yang saat itu bertindak sebagai inspektur upacara, mulai dari kebersihan lingkungan serta mengajak adik-adik peserta pesta siaga agar menjaga kesehatan.

Bunda Umi Kulsum yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora ini mengatakan bahwa penyelenggaraan pesta siaga juga merupakan kegiatan dalam rangka memperingati lahirnya Robert Baden Powel yakni bapak Pandu Dunia.

Pembukaan Pesta Siaga oleh Bunda Umi Kulsum. (foto: ip-infoblora)
“Tahun ini merupakan peringatan yang ke-160, anak-anak pramuka siaga seluruh Indonesia juga menyelenggarakan kegiatan yang sama,” jelasnya.

Mengingat saat ini musim hujan Bunda Umi juga berpesan agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan. “Bunda berpesan agar kalian selalu menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, ikut bantu membersihkan selokan, menguras bak air agar tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aides Aigepty penyebab demam berdarah. Juga jangan menumpuk baju sembarangan,” himbaunya.

Tak hanya kebersihan, Bunda Umi juga mengingatkan agar Dwidharma menjadi pedoman dalam keseharian. “Berpedomanlah pada Dwidharma yaitu Siaga berbakti kepada ayah dan ibunda, siaga berani dan tidak putus asa,” pintanya.

Untuk diketahui sebelum upacara Pesta Siaga dimulai, digelar beberapa pertunjukan diantaranya seni barongan yang dipentaskan oleh adik-adik SD Bogem, Tari Gambyong dan Tari Kolosal dari SD/SMP Satu Atap Kalinanas.

Sebagai wujud kepedulian Pramuka terhadap lingkungan, setelah upacara Pesta Siaga diadakan pelepasan balon udara dan burung merpati juga penanaman pohon oleh Kamabicab, Kakwarcab dan Bunda Siaga di lapangan SMP Negeri 1 Japah. Adapun tanaman yang ditanam adalah pohon buah-buahan mulai mangga, kelengkeng dan matoa.

Pembukaan Pesta Siaga dihadiri Bupati sebagai Kamabicab dan Wakil Bupati sebagai Kakwarcab. (foto: ip-infoblora)
Hadir pula dalam acara tersebut Dandim Blora Letkol Inf Susilo, Kapolres Blora AKBP Surisman, Sekda Blora Bondan Sukarno, Asisten Setda Blora, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Camat, dan Forkopimcam Japah.

Pelaksanaan Pesta Siaga sendiri dilaksanakan selama satu hari dari padi setelah upacara pembukaan hingga sore. Aneka kegiatan dilombakan mulai dari pengetahuan umum, baris berbaris, yel yel, pertunjukan seni budaya hingga uji kompas.

“Ada 15 ketegori ketangkasan yang dilombakan, semuanya tidak ada yang berat-berat. Semuanya mengasikkan dan seluruh peserta bersemangat hingga giat selesai jelang sore hari,” ujar Handika, salah satu koordinator tim juri.

Adapun hasil akhir Pesta Siaga untuk putra, tergiat I SDN 3 Nglebur Kecamatan Jiken dengan nilai 1104,84, tergiat II SDN 1 Todanan Kecamatan Todanan nilai 1102,64, dan tergiat III SDN 1 Ngawen Kecamatan Ngawen nilai 1092,34. Sedangkan untuk putri tergiat I SDN 2 Ngawen Kecamatan Ngawen nilai 1126,44, tergiat II SDN Giyanti Kecamatan Sambong nilai 1118,66, dan tergiat III SDN Gaplokan Kecamatan Japah 1110,56.

“Enam besar ini akan maju mewakili Kwarcab Blora dalam Pesta Siaga tingkat Binwil Pati pada bulan Maret nanti di Kabupaten Rembang. Semoga anak-anak bisa membawa nama baik Kabupaten Blora,” ucap Slamet Pamudji SH, M.Hum selaku Ketua Harian Kwarcab Blora di akhir upacara penutupan. (ip-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

Telepon Penting

Nomor Telepon Instansi Layanan Masyarakat

(0296) 525110

(0296) 531083

(0296) 531118

MAPOLRES Blora

SATLANTAS POLRES Blora

RSUD dr.R.SOETIJONO Blora
(0296) 531009

(0296) 4319051

PLN Unit Pelayanan Jaringan Blora

Pemadam Kebakaran

(0296) 532599

(0296) 531275

(0296) 531736
BPBD Blora

PMI Kabupaten Blora

Perusahaan Air Minum PDAM Blora
*Butuh nomor lainnya, Follow @info_Blora
 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved