Blora on News :
Home » , » 31,9 Miliar Untuk Pelebaran Jalan Nasional Blora-Cepu

31,9 Miliar Untuk Pelebaran Jalan Nasional Blora-Cepu

infoblora.com on Feb 20, 2017 | 8:00 AM

Papan proyek pelebaran jalan nasional ruas Blora-Cepu dipasang di dekat Buk Brosot Kecamatan Sambong. (foto: am/ip)
BLORA. Nampaknya upaya Bupati Djoko Nugroho dan Wakilnya H.Arief Rohman M.Si untuk mengusulkan perbaikan jalan nasional ruas Blora-Cepu dengan cara mendatangi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) tahun 2016 lalu menuai hasil. Akhirnya Jl.Blora-Cepu mendapatkan jatah perbaikan di tahun 2017 ini.

Perbaikan dilakukan Kemenpupera melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII dengan anggaran mencapai Rp 31,9 miliar bersumber dari APBN 2017. Data tersebut tertera pada papan proyek yang didirikan di tepi Jl.Blora-Cepu tepatnya di dekat Buk Brosot Kecamatan Sambong.

Ratno, sebagai pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Jateng membenarkan jika tahun 2017 ini akan dilakukan perbaikan di ruas Jl.Blora-Cepu. Perbaikan akan dilakukan bertahap, mulai tahun ini pelebaran akan dilaksanakan di titik kerusakan terparah yang berada di depan Jembatan Timbang Sambong.

“Pelebaran akan dilakukan di wilayah hutan mulai dari kawasan Buk Brosot ke timur hingga perempatan depan Puskesmas Sambong. Dimana sepanjang 3 kilometer itu terdapat kerusakan terparah di depan Jembatan Timbang hingga depan SMP Negeri 1 Sambong. Kerap tergenang air saat hujan turun. Kita akan lebarkan dan tinggikan,” ucap Ratno ketika dihubungi Kamis (16/2) lalu.

(berita terkait : klik Datangi Kementerian PUPR, Bupati Perjuangkan Pembangunan Jalan & Jembatan)

Pada ruas jalan tersebut, badan jalan akan dilebarkan yang tadinya 6 meter menjadi 9 meter. “Kita lebarkan 1,5 meter ke kiri dan 1,5 meter ke kanan, sehingga total pelebaran jalan tiga meter,’’ ujar Ratno.

Proyek akan dilaksanakan oleh PT. Unggul Perdana Mulya dan PT Geonika Utama Perdana selama 335 hari kalender. Terhitung sejak ditandatanganinya kontrak kerja pada 30 Januari 2017 lalu hingga akhir tahun nanti. “Pekerjaan fisik akan dimulai akhir bulan Februari ini,” kata Ratno.

Dengan jadwal yang sudah ditentukan tersebut, ia memperkirakan, menjelang Hari Raya Idul Fitri di akhir Juni, pengerjaan proyek baru akan selesai di satu sisi. Sehingga para pemudik diminta untuk berhati-hati ketika melintas.

Ratno mengungkapkan, di titik tertentu di ruas jalan yang dilebarkan tersebut nantinya juga akan dilakukan peninggian. Ruas jalan yang ditinggikan itu berada di sekitar tikungan menjelang SMP Negeri 1 Sambong. Ruas jalan tersebut selama ini kerap digenangi air dan rusak karena lokasinya lebih rendah dibanding bahu jalannya.

Selain pelebaran jalan itu, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Jateng juga akan melakukan pemeliharaan rutin di sepanjang ruas jalan Blora-Cepu sejauh 35 kilometer. Lubang-lubang jalan akan ditambal dan dibenahi.

Suparlan (45) selaku warga Kecamatan Cepu mengaku senang ketika mendengar akan ada kegiatan perbaikan jalan nasional di ruas Blora-Cepu. Ia berharap perbaikan bisa segera dilaksanakan dan kualitasnya benar benar terjamin agar awet.

“Jika memang akan diperbaiki, maka disegerakan saja. Kami sudah lama merindukan jalan mulus. Saat ini Blora-Cepu yang mulus hanya sekitar 2 kilometer saja di wilayah hutan Cabak. Selebihnya bergelombang dan berlubang,” tuturnya. (ip-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved