Blora on News :
Home » , » Populasi Sapi Blora Naik 11.159 Ekor, 70 Persen Betina Ditarget Bunting

Populasi Sapi Blora Naik 11.159 Ekor, 70 Persen Betina Ditarget Bunting

infoblora.com on Jan 24, 2017 | 12:33 PM

Populasi Sapi Blora terus meningkat, peningkatannya mencapai hingga 5,2 persen dalam satu tahun. (foto: dok-infoblora)
BLORA. Predikat Kabupaten Blora sebagai daerah penghasil sapi terbesar di Jawa Tengah, bahkan di Indonesia semakin kuat. Pasalnya dalam kurun waktu setahun terakhir terjadi kenaikan populasi sapi hingga 11.159 ekor atau naik 5,2 persen dari jumlah awal sebanyak 211.559 ekor di akhir 2015 menjadi 222.718 ekor di akhir tahun 2016.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Blora, Ir. Wahyu Agustini SE, M.Si melalui Kepala Bidang Peternakan Budiman saat ditemui Senin (23/1/2017). Dengan capaian itu, kedepan pihaknya akan terus meningkatkan jumlah populasi sapi agar bisa memasok kebutuhan daging lebih banyak ke luar daerah.

“Peningkatan populasi sapi ini sangat tergantung pada kualitas reproduksi sapi betina. Di tahun 2017 ini kami prediksikan akan ada peningkatan lebih banyak dengan target 70 persen sapi betina harus bunting,” ucapnya.

Agar bisa membuat 70 persen sapi betina bunting, pihaknya akan melakukan inseminasi buatan sehingga pengembangbiakan sapi di Kabupaten Blora bisa dilakukan lebih cepat. “Inseminasi buatan kita siapkan dan akan disosialisasikan kepada para peternak,” lanjutnya.

Tidak hanya tentang pengembangbiakannya, kedepan penggemukan sapi juga akan digencarkan. Untuk mensosialisasikan program ini, Budiman akan memanfaatkan media sosial agar masyarakat khususnya peternak bisa mengetahui informasi tentang peternakan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas tentang keterbukaan informasi peternakan ini. Segera akan kami buat,” jelasnya.

Sekedar diketahui, sejak dahulu memang Kabupaten Blora dikenal sebagai daerah penghasil sapi terbesar dengan jenis sapi jawa. Beberapa sentra penghasil sapi ada di Desa Pengkolrejo (Kecamatan Japah), Desa Palon dan Desa Blungun (Kecamatan Jepon). Di wilayah ini dalam satu desa terdapat ribuan ekor sapi yang dipelihara warga baik secara komunal maupun individu.

Hasil sapi Blora juga selalu ikut meramaikan bursa jual beli sapi di berbagai pasar hewan yang ada di Blora dan beberapa kabupaten sekitar. (ip-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved