Blora on News :
Home » , » Petugas Gabungan Tangkap Buronan Pencuri Kayu Jati di Cabak

Petugas Gabungan Tangkap Buronan Pencuri Kayu Jati di Cabak

infoblora.com on Jan 17, 2017 | 2:00 AM

Tersangka bersama barang bukti hasil pencurian kayu jati kini diamankan di Mapolres Blora. (foto: dok-resbla)
BLORA. Aksi pencurian kayu jati di wilayah Kabupaten Blora nampaknya sering terjadi dan banyak pelaku yang buron. Namun karena kegigihan petugas, belum lama ini petugas gabungan dari Polsek Jiken dan Polisi Hutan (Polhut) pun telah berhasil menangkap satu buron pencurian kayu jati di Desa Cabak.

Setelah beberapa hari buron, akhirnya Sabtu (14/1) lalu tersangka atas nama Lovis Arif Wicaksono (23) ditangkap petugas saat bersembunyi di rumah mertuanya. Diduga kuat, beberapa hari sebelumnya ia melakukan aksi pencurian kayu jati di kawasan hutan Cabak Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Nglobo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Nglobo, dan KPH Cepu, Kabupaten Blora.

Penangkapan tersangka asal Desa Nglobo, Kecamatan Jiken ini awalnya petugas melakukan patroli hutan rutin, dan sempat melihat ada gerak-gerik mencurigakan dari mobil kijang yang di curigai membawa kayu jati secara ilegal pada tanggal 10 Desember 2016 pukul 19.30 WIB. Namun mobil tersebut tidak langsung dikejar.

Baru pada kemudian hari petugas gabungan bertindak dengan melakukan penyelidikan untuk mengumpulkan alat bukti yang cukup untuk melakukan tindakan berikutnya. Sehingga bukti mengarah pada tersangka Lovis Arif Wicaksono yang saat itu sedang bersembunyi di rumah mertuanya Desa Cabak.

Dari penangkapan itu, petugas gabungan mengamankan barang bukti berupa lima potongan kayu jati yang sudah dipotong dalam berbagai ukuran, yang telah dimasukkan ke dalam mobil Kijang LGX warna coklat dengan No Pol H 1478 UE.

“Kita amankan tersangka, barang bukti kayu jati hasil curian dan KBM mobil Kijang LGX sebagai sarana angkut yang digunakan pelaku mengangkut kayu hasil curian sebanyak 5 buah kayu dengan berbagai ukuran,” ungkap Kapolsek Jiken AKP Suhardi SH, Senin (16/1) kemarin.

AKP Suhardi menyatakan bahwa ini sebagai bukti upaya kepolisian untuk memberantas praktek ilegal loging dengan menjalin hubungan sinergitas bersama Polisi Hutan dalam menjaga dan mengamankan hutan beserta seluruh isinya, baik flora maupun fauna yang dilindungi. Karena itu merupakan asset negara untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama.

Pelaku beserta barang bukti dilimpahkan ke Mapolres Blora untuk dilanjutkan pemeriksaan dan pengembangan kasus oleh tim penyidik Reskrim Polres Blora. (ip-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

Telepon Penting

Nomor Telepon Instansi Layanan Masyarakat

(0296) 525110

(0296) 531083

(0296) 531118

MAPOLRES Blora

SATLANTAS POLRES Blora

RSUD dr.R.SOETIJONO Blora
(0296) 531009

(0296) 4319051

PLN Unit Pelayanan Jaringan Blora

Pemadam Kebakaran

(0296) 532599

(0296) 531275

(0296) 531736
BPBD Blora

PMI Kabupaten Blora

Perusahaan Air Minum PDAM Blora
*Butuh nomor lainnya, Follow @info_Blora
 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved