Blora on News :
Home » , » Ada Pungutan Liar, Ayo Laporkan Tim Saber Pungli Blora

Ada Pungutan Liar, Ayo Laporkan Tim Saber Pungli Blora

infoblora.com on Jan 20, 2017 | 3:00 PM

Diskusi pembentukan tim Saber Pungli antara Pemkab Blora dengan para penegak hukum. (foto: dok-ib)
BLORA. Pelaku pungutan liar di Kabupaten Blora kali ini akan benar-benar dibuat kapok jika dijumpai masih melakukan pungutan liar kepada masyarakat baik dalam lingkup pemerintahan, pelayanan publik atau bidang lainnya. Pasalnya sejak tanggal 17 Januari 2016 lalu Kabupaten di ujung timur jawa Tengah ini telah resmi membentuk tim sapu bersih pungutan liar (saber pungli) yang terdiri dari Inspektorat, Kepolisian dan para penegak hukum.

Bupati Blora H.Djoko Nugroho pun mengajak kepada seluruh warga masyarakat bisa turut aktif melaporkan jika mengetahuia da praktek pungli di instansi pemerintahan atau birokrasi lainnya. “Peran LSM dan media massa disini sangat dibutuhkan untuk menjembatani laporan adanya pungli,” kata Bupati.

Pembentukan tim Saber Pungli di Kabupaten Blora sendiri menindaklanjuti dikeluarkannya Kepres no 87 Tahun 2016 tentang pembentukan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau Saber Pungli yang diharapkan dapat mengungkapkan praktek-praktek pungli di lingkungan Pemerintah maupun di tengah-tengah masyarakat.

”Setelah terbentuknya Tim Saber Pungli ini, saya ingin semua jenis-jenis praktek pungutan liar di Kabupaten Blora ini, yang dilakukan oleh oknum-oknum baik di instansi Pemerintah maupun instansi vertikal, termasuk institusi penegakan hukum sekalipun, tidak ada lagi pungutan liar dan tidak ada terjadi lagi untuk masa yang akan datang.” ucap Bupati.

Tidak hanya sampai disitu, Bupati Blora Djoko Nugroho juga menambahkan kalau seluruh komponen dapat berpartisipasi didalam mengoptimalkan kinerja tim Saber Pungli yang telah terbentuk ini.

”Untuk mengoptimalkan kinerja tim Saber Pungli Kabupaten Blora, saya ingin seluruh masyarakat, LSM, media massa ikut berpartisipasi dalam melaporkan semua jenis pungutan-pungutan atau perbuatan yang mengarah kepada praktek pungli, dilaporkan kepada Tim Saber Pungli yang telah dikukuhkan ini,” tegas Bupati.

Dirinya berharap Tim Saber Pungli Kabupaten Blora merupakan personil yang memang sudah terbukti kredibilitasnya, kemampuannya, dan keberaniannya. “Jangan mau menerima dan bermain-main dengan uang yang tidak jelas. Sekecil apa pun itu,” lanjutnya.

”Dan saya mengingatkan dan menghimbau kepada Kepala SKPD untuk tidak sekali-sekali melakukan pratek-praktek pungli dilingkungan pekerjaannya masing-masing. Jika itu terjadi, maka saya tidak akan melindungi dari perbuatan tersebut. Saya ingin pemerintahan di Blora bisa dengan baik, yaitu tanpa korupsi, tanpa kolusi, nepotisme, serta pungli. Ini adalah cita-cita kita bersama,” pungkasnya. 

Adapun Sekda Blora, Drs. Bondan Sukarno MM sangat mendukung pembentukan tim Saber Pungli di Kabupaten Blora. Ia menyatakan kesiapannya untuk melawan segala pungli sesuai apa yang diharapkan Bupati. (ip-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved