Blora on News :
Home » , » Ziarah Makam Bupati Tempo Dulu Berlangsung Khidmat

Ziarah Makam Bupati Tempo Dulu Berlangsung Khidmat

infoblora.com on Dec 8, 2016 | 2:00 PM

Bupati H.Djoko Nugroho dan Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si duduk bersebelahan mengikuti prosesi ziarah kubur di makam Bupati Blora Tempo Dulu RT.Djajeng Tirtonoto di komplek Tirtonatan Ngadipurwo. (foto: jo-infoblora)
BLORA. Masih dalam rangka rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke 267, pada hari Kamis (8/12) pukul 07.00 WIB dilaksanakan kegiatan ziarah ke makam Bupati tempo dulu yang diikuti langsung oleh Bupati H.Djoko Nugroho, Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si, jajaran Forkopimda dan pimpinan SKPD serta Lurah/Kades se Kabupaten Blora.

Ziarah yang diawali di area pemakaman Tirtonatan Desa Ngadipurwo Kecamatan Blora tersebut berjalan khidmat dengan panduan juru kunci pemakaman dan tokoh agama setempat. Seluruh peserta ziarah mulai Bupati hingga Lurah mengenakan pakaian adat beskap jawa. Setibanya di area pemakaman, kegiatan ziarah dimulai dengan pembacaan tahlil dan dilanjutkan tabur bunga.

Di area pemakaman ini disemayamkan para Bupati Blora tempo dulu, diantaranya RT. Djajeng Tirtonoto, RT. Panji Noto Widjojo, RM. Adipati Tjokronagoro II, RMA Aryo Tjokronagoro III, R. Adipati Ario Said, dan kerabatnya.

Sejumlah pejabat pimpinan SKPD hingga Lurah/Kades mengikuti ziarah dengan
pakaian adat beskap jawa. (foto: jo-infoblora)
Tidak hanya di pemakaman Tirtonatan saja, ziarah juga dilaksanakan di Makam Gedong Ageng Sunan Pojok di selatan Alun-alun Blora. Serta dilanjutkan ziarah ke Makam Ir.Basuki Widodo yang tidak lain adalah Bupati Blora 2001-2007, kakak kandung Bupati Blora H.Djoko Nugroho.

“Alhamdulillah rangkaian acara ziarah berjalan lancar. Ini sebagai wujud penghormatan terhadap leluhur yang dahulunya sudah menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk membangun Blora. Semoga kegiatan ini akan membawa keberkahan bagi kita semua,” ucap Bupati H.Djoko Nugroho.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kabupaten Blora, Slamet Pamudji SH, M.Hum mengatakan bahwa kegiatan ziarah makam Bupati tempo dahulu merupakan kegiatan rutin tahunan menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten.

“Ini kegiatan rutin, dan tidak hanya dilaksanakan di pemakaman yang ada di Kabupaten Blora saja. Ada juga ziarah yang dilakukan di Semarang, Solo, dan Yogyakarta pada hari sebelumnya oleh perwakilan Pemkab Blora. Karena ada juga mantan Bupati yang dimakamkan di luar kota,” jelasnya.

Setelah melaksanakan ziarah, menurutnya pada Kamis malam nanti (8/12) akan digelar Kirab Pusaka tepat tengah malam dimulai dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora. Selain kirab, sebelumnya akan digelar pentas wayang kulit Malam Jumat Pon yang menampilkan 9 dalang dan 14 sinden, dengan bintang tamu Semarang Ambarawa. Adapun lakon yang dimainkan adalah Babat Alas Wonomarto. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved