Blora on News :
Home » , » Usai Dijamas, Pusaka Kabupaten Blora Besok Malam Akan Dikirab

Usai Dijamas, Pusaka Kabupaten Blora Besok Malam Akan Dikirab

infoblora.com on Dec 7, 2016 | 3:00 AM

Proses penjamasan keris pusaka milik Kabupaten Blora, Selasa (6/12). (foto: ag-infoblora)
BLORA. Menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke 267, sejumlah kegiatan mulai dilaksanakan. Salah satunya tradisi jamasan pusaka atau mencuci benda-benda pusaka peninggalan Bupati Blora pertama dan para prajuritnya yang hingga kini masih terawat.

Tradisi jamasan dilaksanakan pada hari Selasa (6/12) kemarin di kawasan Pendopo Rumah Dinas Bupati oleh Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) dengan menggandeng para pandemen tosan aji dari peguyuban museum Mahameru Blora.

“Jamasan pusaka merupakan kegiatan rutin tahunan menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten. Tujuannya untuk membersihkan benda-benda pusaka peninggalan leluhur Blora agar tetap terawat dengan baik. Sebagai bukti bahwa Blora mempunyai peradaban tua, berupa benda-benda tua bersejarah,” jelas Kepala DPPKKI, Slamet Pamudji SH, M.Hum ketika dihubungi Info Blora, Selasa (6/12) kemarin.

Sejumlah benda pusaka milik Kabupaten Blora yang dijamas kemarin. (foto: ag-ib)
Benda-benda pusaka milik Kabupaten itu telah dijamas atau dicuci dengan air jeruk nipis dicampur air bunga mawar dan warangan oleh seorang tokoh dari Surakarta, yakni Abah Hin. Dia yang dipercaya untuk membersihkan pusaka Kabupaten sebelum dikirab besok malam.

Menurut Pak Mumuk, sapaan akrab Slamet Pamudji, setelah dijamas pusaka Kabupaten berupa Keris Kyai Bisma dan benda-benda pusaka keris lainnya, mata tombak dan payung songsong agung, akan dikirab mengelilingi pusat Kota Blora pada Kamis malam (8/12) atau Jumat dini hari (9/12).

“Setelah dijamas, pusaka akan dikirab tengah malam dengan berawal dari Pendopo Rumah Dinas Bupati. Silahkan masyarakat jika ingin menyaksikan,” lanjut Slamet Pamudji.

Kirab Pusaka Kabupaten akan dilaksanakan Kamis malam mulai 23.30 WIB keluar dari Pendopo Rumah Dinas Bupati menuju ke barat melalui Jl.RA Kartini, kemudian belok kanan ke Jl. Dr Sutomo, Jl.Gunung Sumbing, Jl. Pemuda, Jl. Arumdalu, Jl. Kol. Sunandar, Jl. Nusantara, Jl. KH Ahmad Dahlan, Jl. Abu Umar dan kembali ke Pendopo Rumah Dinas Bupati.

“Kirab akan mengenakan pakaian adat jawa, yang diikuti Bupati, jajaran Forkopimda, SKPD, Camat serta Lurah. Sebelum kirab, Kamis pagi besok akan terlebih dahulu digelar ziarah ke makam Bupati tempo dahulu dan beberapa tokoh pendiri Blora,” pungkasnya. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

Telepon Penting

Nomor Telepon Instansi Layanan Masyarakat

(0296) 525110

(0296) 531083

(0296) 531118

MAPOLRES Blora

SATLANTAS POLRES Blora

RSUD dr.R.SOETIJONO Blora
(0296) 531009

(0296) 421188

PLN Unit Pelayanan Jaringan Blora

PLN Unit Pelayanan Jaringan Cepu

(0296) 532599

(0296) 531275

(0296) 531736
BPBD Blora & Pemadam Kebakaran

PMI Kabupaten Blora

Perusahaan Air Minum PDAM Blora
*Butuh nomor lainnya, Follow @info_Blora
 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved