Blora on News :
Home » , , » Ratusan Keluarga di Desa Sumber dan Mojorembun Terendam Banjir

Ratusan Keluarga di Desa Sumber dan Mojorembun Terendam Banjir

infoblora.com on Dec 14, 2016 | 8:00 AM

Banjir yang terjadi akibat luapan Sungai Wulung di Desa Sumber dan Desa Mojorembun Kecamatan Kradenan. (foto: dok-kades)
BLORA. Setelah awal Februari lalu dilanda banjir luapan Sungai Wulung, kini banjir itu datang lagi di Desa Sumber dan Desa Mojorembun. Dua desa yang letaknya berdampingan di Kecamatan Kradenan ini mulai terendam banjir pada Selasa malam (13/12) setelah berjam-jam wilayah Blora Selatan diguyur hujan deras.

Sungai Wulung yang berhulu di Kecamatan Randublatung meluap di kedua desa tersebut karena tidak mampu menampung banyaknya air. Akibatnya ratusan rumah penduduk terendam semalaman hingga pagi tadi.

Kepala Desa Sumber, Zaki Bachroni mengatakan bahwa di desanya ada 558 KK yang menjadi korban genangan banjir dari luapan Kali Wulung. “Ada 558 keluarga yang terdampak banjir mulai Selasa petang kemarin dengan kedalaman mulai 20 cm hingga selutut. Alhadulillah tidak sampai ada korban jiwa, hanya mereka mengeluhkan gatal-gatal,” jelasnya.

SDN Mojorembun terpaksa diliburkan karena sekolahnya tergenang air. (foto : dok-fai)
Menurutnya banjir mulai naik tengah malam, dan berangsur surut mulai pukul 04.00 WIB hingga pagi tadi. Tidak hanya pemukiman warga yang terendam. Puluhan hektar tanaman padi di sawah juga ikut terendam.

Adapun di Desa Mojorembun, menurut Kades Asev Syaifudin ada 157 KK yang terkena banjir. Diantaranya berada di Dukuh Sendangtliko, Dukuh Mojorembun dan Dukuh Sonorejo. “Ada satu rumah yang roboh karena terkena banjir semalam, yakni milik Pak Yasdi di Dukuh Sonorejo RT 06 RW 03. Diperkirakan karena tiang penyangga sudah rapuh dan roboh terkena air,” ucapnya, Rabu pagi (14/12) saat dihubungi Info Blora.

Hingga pagi air mulai berangsur-angsur surut, namun di wilayah persawahan permukaan air masih cukup tinggi. Sekolah Dasar (SD) yang ada di Desa Mojorembun juga ikut terendam dan siswanya diliburkan, hanya saja tidak sampai merusak fasilitas buku dan dokumen sekolah. 

Kondisi rumah Yasdi yang roboh setelah terendam banjir Selasa malam. (foto: dok-kades)
Kepada Info Blora, kedua Kades ini mengaku telah melaporkan peristiwa banjir tersebut ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora untuk kepentingan penanganan korban dan pemberian bantuan, karena banyak warga yang mengeluhkan sakit kutu air.

Kepala BPBD Kabupaten Blora, Sri Rahayu melalui petugas lapangan Agung Triyono mengaku bahwa Rabu pagi tim dari BPBD siap mengirimkan bantuan logistik untuk para korban banjir dan rumah roboh yang ada di Desa Sumber dan Desa Mojorembun.

“Sejak kemarin sore kita sudah melakukan pendataan mulai dari Cepu hingga Kecamatan Jati. Pagi ini saatnya mengirimkan bantuan ke titik terparah, salah satunya rumah roboh yang ada di Desa Mojorembun,” bebernya. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

Telepon Penting

Nomor Telepon Instansi Layanan Masyarakat

(0296) 525110

(0296) 531083

(0296) 531118

MAPOLRES Blora

SATLANTAS POLRES Blora

RSUD dr.R.SOETIJONO Blora
(0296) 531009

(0296) 4319051

PLN Unit Pelayanan Jaringan Blora

Pemadam Kebakaran

(0296) 532599

(0296) 531275

(0296) 531736
BPBD Blora

PMI Kabupaten Blora

Perusahaan Air Minum PDAM Blora
*Butuh nomor lainnya, Follow @info_Blora
 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved