Blora on News :
Home » , » Diserang Hama Merah, Sawah di Todanan Terancam Gagal Panen

Diserang Hama Merah, Sawah di Todanan Terancam Gagal Panen

infoblora.com on Dec 25, 2016 | 10:00 AM

Petani Dukuh Soronini Desa Sonokulon Kecamatan Todanan menunjukkan tanaman padi yang terserang hama merah. (foto: teg-ib)
BLORA. Memasuki usia dua bulan, hamparan tanaman padi hijau di Dukuh Soronini Desa Sonokulon Kecamatan Todanan terancam gagal panen. Pasalnya puluhan hektar tanaman padi tersebut kini sedang diserang hama merah yang mengakibatkan akar dan daunnya layu berwarna kuning kemerah-merahan.

Hesti (35) salah satu petani di Dukuh Soronini menjelaskan bahwa sawah miliknya mulai terserang hama merah dalam dua minggu terakhir. Ia terpaksa mencabuti tanaman padi yang terserang hama agar tidak meluas ke tanaman lainnya.

“Kalau dibiarkan nanrti bisa menulari tanaman lainnya. Akibat fatalnya jika dibiarkan bisa gagal panen dan kami rugi besar,” ungkapnya, kemarin.

Adapun Suyat, petani lainnya juga menyatakan hal yang sama. Sawah yang ia garap mengalami serangan hama merah, dimana tepi daun padi menguning disaat usia dua bulan. “Saya atasi dengan menyemprot pestisida, namun ternyata tidak ada perubahan,” ucapnya.

Para petani berharap pemerintah datau Dinas Pertanian bisa memberikan pendampingan cara membasmi hama merah yang saat ini menyerang tanaman padi. Mereka mengungkapkan bahwa baru kali ini tanaman padi di desanya terserang hama merah.

“Sebelumnya belum pernah kena hama merah. Kami takut nanti bisa gagal panen jika tidak segera diatasi,” lanjutnya.

Menurutnya memang jika dilihat sepintas tanaman padi ini hijau segar seperti tidak ada penyakitnya. Namun jika didekati, warna daun sebagian telah berwarna kuning kemerahan dan layu sebelum bulir padi keluar. (teg-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved