Blora on News :
Home » , » Dilombakan, 19 Desain Masjid Agung Baitunnur Blora Mulai Diseleksi

Dilombakan, 19 Desain Masjid Agung Baitunnur Blora Mulai Diseleksi

infoblora.com on Dec 6, 2016 | 6:00 PM

Berbagai jenis desain pembangunan Masjid Agung Baitunnur Blora sedang diamati Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si. (foto: am-sm)
BLORA. Lomba desain Masjid Agung Baitunnur Blora yang telah dibuka pendaftarannya sejak 3 November 2016 lalu ternyata menarik minat warga masyarakat untuk mengikutinya. Terutama para desainer bidang arsitek dan teknik sipil, banyak yang tertarik untuk ikut menyumbangkan ide demi pengembangan pembangunan masjid kebanggaan Kabupaten Blora.

Berdasarkan keterangan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora, Ir. Samgautama Karnajaya setidaknya ada 52 pendaftar yang menyerahkan berkas untuk mengikuti perlombaan desain dengan hadiah total Rp 22,5 juta.

“Ada 52 berkas yang disetorkan kepada Bappeda, namun setelah melalui proses seleksi awal ternyata hanya ada 19 peserta yang lolos ke tahap berikutnya untuk dinilai lebih kompleks lagi. Nanti hanya akan ada 5 besar yang diwajibkan menyajikan karya desainnya dengan cara presentasi. Bupati akan hadir langsung untuk melihat presentasi dari para peserta lomba,” ujar Samgautama Karnajaya, Selasa (6/12).

Untuk menentukan 5 besar, sejak hari Senin (5/12) telah dilakukan penilaian bersama dengan Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si. Kehadirannya ke Bappeda untuk ikut memberikan masukan bagaimana kategori desain yang diinginkan oleh Pemkab.

Saat dihubungi Info Blora, Wabup H.Arief Rohman M.Si mengatakan bahwa pada dasarnya Pemkab menginginkan agar Masjid Agung Baitunnur kedepan bisa menjadi pusat kegiatan umat islam Kabupaten Blora. Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, namun pusat segala kegiatan umat islam (islamic center-red).

“Kemarin memang saya sudah melihat desain yang diikutkan lomba. Ternyata bagus-bagus dan inspiratif. Yang memiliki filosofi akan mendapatkan nilai plus. Kami berharap bangunan cagar budaya yang di tengah bisa tetap dipertahankan. Sedangkan serambi depan dan area sekolah yang ada di barat masjid bisa dibongkar untuk perluasan,” bebernya.

(berita sebelumnya: Hari Ini Pendaftaran Lomba Desain Renovasi Masjid Baitunnur Blora Dibuka)

“Besok Kamis akan diumumkan siapa-siapa saja yang akan melakukan presentasi di depan Bupati. Sedangkan pada hari Jumatnya akan diumumkan siapa saja yang menang. Mengingat hasil perlombaan ini akan digunakan sebagai dasar pembangunan masjid di tahun 2017,” lanjutnya. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved