Blora on News :
Home » , » Asiknya Berkebun Buah Jambu Merah di Desa Sumber Kradenan

Asiknya Berkebun Buah Jambu Merah di Desa Sumber Kradenan

infoblora.com on Dec 8, 2016 | 4:30 PM

Ibu-ibu PKK Kabupaten Blora didampingi Kades Sumber memetik buah jambu merah di kebun. (foto: dok-ananta)
BLORA. Desa Sumber Kecamatan Kradenan yang dikenal sebagai pusatnya sumur gas di Kabupaten Blora ternyata memiliki potensi lain. Tidak hanya potensi di sektor migas saja, namun pertanian dan perkebunan di desa ini juga patut diacungi jempol.

Pasalnya, selain memiliki produk beras merah lokal. Desa yang dipimpin oleh Kepala Desa (Kades) Zaki Bachroni ini juga memiliki potensi perkebunan jambu merah yang cukup menjanjikan. Setidaknya ada kebun jambu merah seluas 5000 meter persegi yang kini sedang dikembangkan warga.

Kepada Info Blora, Kades Zaki Bachroni menjelaskan bahwa potensi kebun buah jambu merah di desanya cukup bagus. Setiap hari sang pemilik kebun bisa memanen buah sebanyak 20-30 kg.

“Alhamdulillah ini potensi Desa Sumber yang kedepan akan dikembangkan menjadi produk olahan lainnya seperti sirup, jenang, dan lainnya sehingga bisa menaikkan nilai ekonomi. Tidak hanya dijual begitu saja ke pasaran,” jelas Zaki, Kamis (8/12).

Usai memetik buah jambu merah, rombongan Ibu-ibu PKK menikmati jus jambu merah yang segar. (foto: dok-ananta)
Pemilik kebun buah adalah Abdul Haris, ia yang memulai budidaya jambu merah di Desa Sumber sejak dua tahun terakhir. Dirinya memulai berkebun setelah belajar secara otodidak dan studi banding ke perkebunan buah di beberapa kota.

Dengan lahan 5000 meter persegi tersebut, setidaknya ada 200 pohon jambu yang telah ditanam dan menghasilkan buah segar. Pohon jambu sendiri ditanam di sela tegakan pohon jati sehingga mirip sistem tumpangsari. “Pohonnya tidak terlalu tinggi, paling hanya dua meter tetapi buahnya sudah besar-besar,” ucapnya.

Adanya saluran air yang mengalir di tengah kebu buah akan dikembangkan menjadi tempat keramba ikan. Jadi ia akan memadukan perkebunan buah dengan kolam ikan.

Belum lama ini, tepatnya Selasa (6/12) lalu rombongan Ibu-ibu Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora pun menyempatkan diri untuk mampir dan memetik buah jambu merah di Desa Sumber. Rombongan yang dipimpin istri Bupati Blora, Ibu Hj.Umi Kulsum Djoko Nugroho ini langsung menuju tengah kebun untuk memetik jambu. Mereka juga mencicipi jus jambu merah hasil kebun tersebut.

“Bu Umi pun cukup bangga dan mengapresiasi keberadaan kebun buah jambu merah yang ada di desa kami. Beliau berpesan agar bisa terus dikembangkan dengan memberdayakan potensi masyarakat desa,” ujar Kades Zaki.

Kedepan pihaknya mengaku akan terus mengembangkan potensi kebun buah yang ada di desanya. Tidak hanya buah jambu merah saja, namun buah-buahan lainnya juga akan didorong untuk dikembangbiakkan di lahan pekarangan warga. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved