Blora on News :
Home » , » Wayang Krucil Blora Bakal Dipentaskan ke Jakarta

Wayang Krucil Blora Bakal Dipentaskan ke Jakarta

infoblora.com on Nov 25, 2016 | 9:40 PM

Dalang Ki Sarjono saat mementaskan wayang krucil di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Kamis (24/11). (foto: ag-ib)
BLORA. Seni Budaya Blora perlahan tapi pasti mulai mencuri perhatian para seniman yang ada di pusat. Setelah bulan Oktober kemarin barongan berhasil menggemparkan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan pekan lalu dalang cilik Blora meraih predikat penyaji lakon terbaik dalam Festival Dalang Bocah Nasional 2016 di Museum Wayang Kota Tua Jakarta.

Kini giliran kesenian wayang krucil yang dalangnya hanya tinggal 4 di Kabupaten Blora, diberi kesempatan untuk bisa ditampilkan ke Jakarta. Hal itu diungkapkan H.Sukarno Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Blora dalam pentas wayang krucil di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis malam (24/11).

“Setelah kemarin sukses mementaskan dalang cilik Dek Wishme Salman Abdillah, Ketua PEPADI Pusat yakni Pak Kondang Sutrisno langsung memberikan apresiasi kepada Kabupaten Blora. Tidak hanya itu, beliau juga dawuh agar wayang kurcil Blora yang hampir punah bisa ditampilkan di Jakarta sebagai salah satu kekayaan khasanah budaya bangsa,” ujar H.Sukarno.

Menurutnya ini merupakan perhatian yag luar biasa dari PEPADI Pusat untuk kelestarian seni pewayangan di Kabupaten Blora. “Kapan waktunya, kami masih bicarakan dengan PEPADI Pusat agar dicarikan waktu yang pas,” lanjutnya.

Sebagai rangkaian acara pendukung Festival Barong Nusantara 3, pementasan wayang krucil malam itu menampilkan dalang Ki Sarjono dari Karangjati Blora dengan lakon Jumenengan Wilatikta atau Babad Bumi Blora.

Meskipun tidak setenar wayang kulit, ternyata wayang krucil juga masih mempunyai penggemar. Terbukti malam itu banyak penonton yang duduk lesehan di Pendopo Rumah Dinas Bupati untuk menyaksikan wayang krucil sambil nyruput kopi.

Kedepan, ia berharap wayang krucil akan tetap lestari di Kabupaten Blora. Pasalnya hingga kini dalang cilik belum ada yang meminati pertunjukan wayang yang terbuat dari kayu ini. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved