Blora on News :
Home » , » Waspada, Wakil Bupati Blora Dijadikan Nama Akun FB Palsu Untuk Penipuan

Waspada, Wakil Bupati Blora Dijadikan Nama Akun FB Palsu Untuk Penipuan

infoblora.com on Nov 9, 2016 | 2:00 AM

Salah satu screenshot dialog pelaku yang dilancarkan melalui pesan facebook untuk melakukan penipuan dengan cara meminta dikirimi uang melalui ATM. (foto: dok-ib)
BLORA. Warga Kabupaten Blora diminta waspada terhadap modus-mudos baru aksi penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggungjawab. Dua hari lalu sebuah penipuan dilancarkan orang tak dikenal dengan menggunakan akun facebook (FB) yang mengatasnamakan salah satu pejabat di Kabupaten Blora.

Tidak main-main, oknum ini memakai nama Wakil Bupati (Wabup) Blora H.Arief Rohman M.Si sebagai nama akun FB yang digunakan untuk melancarkan aksi penipuannya kepada sejumlah orang. Tak hanya nama, foto yang dipasang pun sama persis sehingga jika tidak cermat akan mempercayai bahwa akun tersebut memang milik Wabup.

Berdasarkan pengakuan Wabup, Selasa (8/11) kemarin. Orang yang tidak dikenal ini melancarkan aksinya pada Senin malam (7/11) dengan cara mengirim pesan FB ke sejumlah teman dengan menanyakan ATM dan meminta tolong dikirimi sejumlah uang mulai ratusan ribu hingga jutaan. Oknum ini berjanji akan segera mengembalikan uang secepatnya.

Klarifikasi Wabup Arief Rohman atas aksi penipuan yang dialami beberapa
rekannya. (foto: dok-ib)
”Jadi mohon berhati-hati, jangan sampai teman-teman menjadi korban penipuan itu,” tegas Wabup H Arief Rohman M.Si, kemarin.

Wabup pun telah melakukan klarifikasi persoalan tersebut melalui akun facebook yang asli miliknya atas nama ARIEF ROHMAN.

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Blora dan seluruh teman-teman saya di Facebook yang saya cintai. Melalui status ini saya ingin menyampaikan kepada semua bahwa SAYA TIDAK MEMILIKI AKUN FACEBOOK SELAIN YANG INI. Jadi jika ada akun FB dengan nama sama "ARIEF ROHMAN" atau mengatasnamakan saya kemudian meng-add facebook teman-teman semua sudah bisa dipastikan itu akun palsu. Mohon untuk tidak ditanggapi. Sudah ada beberapa teman yang dimintai transfer sejumlah uang untuk dikirim ke rekening BCA dengan No: 2281494441 a.n. Bayu Direantara dan mengaku saudara saya. Sekali lagi saya tegaskan itu TIDAK BENAR.
Jadi mohon berhati-hati, jangan sampai teman-teman anda menjadi korban penipuan ini. Terimakasih dan mohon selalu waspada,” tulis Wabup di akun FB nya, Senin malam lalu.

Untuk memperkuat klarifikasinya tersebut, Wabup yang juga mantan anggota DPRD Jateng ini mengupload screenshot dialog inbox FB dari temannya yang berisi percakapan oknum akun Arief Rohman palsu yang menanyai ATM dan meminta dikirimi uang.

Ada dugaan selain menggunakan akun palsu, pelaku juga membajak akun FB asli milik Wabup. Indikasi tersebut terlihat dari contoh percakapan pelaku dengan sejumlah orang dan diupload oleh orang yang dihubungi akun FB wabup palsu. Si pelaku tersebut menggunakan akun yang mirip akun FB asli Wabup Arief Rohman. Menyikapi hal itu, wabup pun diminta mengganti password.

Anehnya, setelah ramai menjadi bahan perbincangan di facebook beberapa jam kemudian akun palsu Wabup ini sudah hilang dari pencarian atau diduga telah dihapus oleh se pelaku. Padahal sebelumnya akun abal-abal ini gencar meng-add pertemanan ke sejumlah orang yang dikenal Wabup dan mengirimi pesan untuk minta tolong dikirimi uang. Untung saja, belum rekan ada yang menransfer sejumlah uang ke nomor rekening yang disebutkan si pelaku.

“Terimakasih kepada seluruh teman-teman yang telah membagikan informasi ini. Saya minta semua untuk waspada. Nama saya saja dicatut untuk melakukan penipuan, tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal yang sama dengan menggunakan nama pejabat lain. Kita harus sama-sama saling mengingatkan dan mengabarkan jika ada aksi kejahatan berupa penipuan dengan modus apapun agar seluruh warga bisa mewaspadainya,” ujar Arief Rohman. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved