Blora on News :
Home » , » Selamat, Blora Raih Juara 2 Musabaqah Hifdzil Qur'an Tingkat Jateng 2016

Selamat, Blora Raih Juara 2 Musabaqah Hifdzil Qur'an Tingkat Jateng 2016

infoblora.com on Nov 3, 2016 | 11:00 AM

Kabupaten Blora meraih juara kedua dalam perlombaan MHQ Pesantren XII tingkat Jawa Tengah tahun 2016. (foto: jo-infoblora)
BLORA. Diluar dugaan, ternyata kafilah Kabupaten Blora mampu mengukir prestasi di ajang Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) Pesantren XII tingkat Jawa Tengah tahun 2016 yang digelar mulai 1 November hingga 3 November ini. Bertindak sebagai tuan rumah, kafilah Blora berhasil meraih juara umum kedua dari 35 kabupaten/kota se Jateng.

“Dengan mengejutkan Blora bisa meraih juara kedua MHQ tahun 2016. Ini capaian yang luar biasa karena dalam perhelatan event serupa tahun sebelumnya tidak sampai masuk kategori juara. Sedangkan untuk juara umum pertama diraih Kabupaten Rembang itu sudah biasa. Selamat untuk Blora dan Rembang,” ucap DR. H. Noor Akhmad, MA, Ketua Lembaga Pendidikan Tafsir Al Qur’an (LPTQ) Jawa Tengah saat penutupan MHQ, Kamis (3/11), di Pendopo Kabupaten Blora.

Menurutnya, dahulu Blora dikenal sebagai wilayah abangan yang erat dengan budaya Samin dan Tayuban. Namun kini telah berubah, budaya dan agama bisa berjalan bersama dengan indah yang hasilnya bisa dilihat kali ini. Inilah syi’ar islam yang disebarkan melalui kultur, bukan syi’ar islam yang disebarkan melalui struktur.

Adapun Bupati H.Djoko Nugroho melalui Wabup H.Arief Rohman M.Si mengatakan bahwa pihaknya ikut bangga dengan raihan para kafilah Blora yang bisa menempati posisi juara kedua setelah Rembang.

“Rembang juara umum pertama ini sudah sering, sedangkan Blora bisa menempati urutan kedua ini sudah bagus. Semoga kedepan bisa terus ditingkatkan, minimal juara kedua lagi atau naik menjadi juara umum pertama,” ujarnya.

Ia berharap kedepan kegiatan keagamaan untuk bisa digelar secara rutin sebulan sekali di majlis majlis pengajian atau di Pendopo Kabupaten. “Mulai tahun 2017 nanti Pemkab juga akan memberikan tambahan insentif untuk guru-guru madrasah dan TPQ agar dalam mendidik anak-anak bisa lebih semangat. Kami ingin setiap desa minimal ada satu hafidz penghafal Al Qur’an,” paparnya.

Berdasarkan data yang diperoleh Info Blora dari Dewan Hakim, daftar score peringkat MHQ Pesantren XII tingkat Jawa Tengah tahun 2016 adalah sebagai berikut :
Peringkat 1 Kabupaten Rembang dengan score 18
Peringkat 2 Kabupaten Blora dengan score 12
Peringkat 3 Kabupaten Sukoharjo dengan score 10
Peringkat 4 Kabupaten Karanganyar dengan score 5
Peringkat 5 Kabupaten Magelang dengan score 3
Peringkat 6 Kabupaten Sragen dengan score 2

“Lomba dibagi menjadi hafalan Al’Quran 20 juz putra, hafalan Al-Qur’an 20 juz putri, hafalan Al Qur’an 30 juz putra, hafalan Al Qur’an 30 juz putri, Musaffir terbaik putra serta Musaffir terbaik putri. Dari hasil itulah yang menjuarai kategori terbanyak ditetapkan sebagai juara umum,” jelas DR. H. Noor Akhmad, MA yang juga koordinator dewan hakim MHQ. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved