Blora on News :
Home » , » Ramaikan, Berikut Agenda Festival Barongan 3 "All About Blora's Culture"

Ramaikan, Berikut Agenda Festival Barongan 3 "All About Blora's Culture"

infoblora.com on Nov 6, 2016 | 9:46 AM

Agenda kegiatan Festival Barongan 3 "All About Blora's Culture" yang akan dimulai 22 November mendatang. (foto: dok-dppkki)
BLORA. Dua minggu lagi Festival Barongan 3 tahun 2016 bertema “All About Blora’s Culture” akan kembali digelar untuk membuka rangkaian acara Hari Jadi Kabupaten Blora ke 267. Event yang akan dimeriahkan dengan parade dan pentas barongan dari berbagai kota ini juga akan didukung dengan pertunjukan potensi seni budaya Kabupaten Blora.

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora, Slamet Pamudji mengemukakaan bahwa gelaran Festival Barongan 3 tahun ini akan berbeda dengan festival pertama dan kedua. Menurutnya, meski mengambil judul besar festival barongan namun kesenian yang ditampilkan tidak hanya barongan saja. Melainkan potensi seni budaya Blora selain barongan juga akan ditampilkan.

“Pertunjukan barongan berupa parade dan pentas panggung itu nanti sebagai gongnya, sedangkan acara pendukung lainnya akan menampilkan pementasan wayang krucil, tayub, seminar budaya dan lainnya. Oleh karena itu kita ambil tema All About Blora’s Culture, sehingga pelaksanaannya tidak hanya satu, dua hari, melainkan satu pekan,” ujar Slamet Pamudji, kemarin.

Ia menegaskan pelaksanaan Festival Barongan 3 ini akan mulai dihelat pada tanggal 22 November hingga 27 November 2016. “Acara digelar selama 6 hari dengan mengambil lokasi di beberapa tempat yang ada di Kota Blora. Kami berharap seluruh masyarakat Blora bisa ikut mendukung dan menyukseskan acara akbar ini,” jelasnya.

Adapun agenda kegiatan Festival Barongan 3 setiap harinya mulai 22 November hingga 27 November adalah sebagai berikut :
  1. Lomba Mewarnai Tingkat TK/PAUD bertemakan Seni Barongan tanggal 22 November mulai 09.00 WIB di Gedung Sasana Bakti
  2. Seminar Budaya “Seni Barongan Blora” tanggal 23 November mulai 09.00 WIB di Gedung Sasana Bakti
  3. Gelar Budaya Wayang Krucil tanggal 24 November mulai 19.00 WIB di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora
  4. Pameran Seni Budaya tanggal 24-26 November mulai 09.00 WIB di Gedung Sasana Bakti
  5. Pemeran Kerajinan dan UMKM tanggal 25-27 November mulai 09.00 WIB di Blok T (eks Terminal Lama)
  6. Festival Tayub “Nom Noman” Kabupaten Blora tanggal 25 November mulai 19.00 WIB di Blok T (eks Terminal Lama) dengan bintang tamu Tayub Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung
  7. Parade Barongan tanggal 26 November mulai 09.00 WIB dengan rute dari Alun-alun menuju Jalan Pemuda, Jl.Ahmad Yani dan finish di depan SMA Katolik. Khusus untuk parade barongan ini selain diikuti barongan se Kabupaten Blora juga akan dimeriahkan tim bintang tamu dari Barongan Jepara, Barongan Boyolali, Barongan Braii dan Ampyak-ampyak Barongan
  8. Pentas Pagelaran Barongan tanggal 26 November mulai 19.00 WIB bertempat di Blok T (eks Terminal Lama) dengan bintang tamu Penari Didik Nini Thowok dari Jogja, Barongan Kendal, Barongan UNNES Semarang, Barongan ISI Surakarta dan Risang Guntur Seto Blora.
  9. Lomba Fashion Show Kebaya Batik Blora tanggal 27 November mulai 09.00 WIB di Blok T (eks Terminal Lama) Blora
“Melalui festival barongan ini kita tampilkan juga potensi seni budaya Blora lainnya agar bisa dikenal masyarakat luas. Publikasi acara kita gencarkan selain melalui media pemberitaan berupa koran dan radio, juga menggandeng komunitas media sosial yang ada di Blora dan Jawa Tengah. Dengan harapan akan banyak wisatawan yang datang ke Blora sehingga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata budaya,” pungkasnya. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved