Blora on News :
Home » , » KUA-PPAS RAPBD Blora 2017 Disetujui, Penetapan Diharap Tak Molor

KUA-PPAS RAPBD Blora 2017 Disetujui, Penetapan Diharap Tak Molor

infoblora.com on Nov 8, 2016 | 6:00 AM

Bupati menandatangi nota kesepakatan KUA-PPAS RAPBD 2017 disaksikan Ketua DPRD dan Wakil Bupati. (foto: rs-infoblora)
BLORA. Satu tahapan awal penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Blora tahun 2017 telah dilalui. Ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran dan Perhitungan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Rancangan APBD 2017 oleh pimpinan dewan bersama Bupati, Senin (7/11) kemarin dalam sidang paripurna DPRD.

“Dengan telah disetujuinya KUA-PPAS RAPBD 2017 maka ini akan dijadikan pijakan dalam penyusunan APBD 2017 ke tahapan selanjutnya. KUA-PPAS ini akan digunakan untuk pedoman penyusunan Rancangan Kerja Anggaran (RKA) oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD) menuju penyusunan APBD 2017,” jelas Ir. H Bambang Susilo, kemarin.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa sebelum diteken bersama telah dilakukan pembahasan KUA-PPAS dari tingkat komisi, intern badan anggaran hingga banggar bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Dalam pembahasan tersebut telah dicapai titik kesepakatan proyeksi besaran pendapatan daerah, belanja daerah, pembiayaan daerah hingga anggaran untuk masing-masing SKPD. Selanjutnya kita tunggu penyusunan RKA oleh SKPD,” lanjut Bambang Susilo.

Sementara itu juru bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Blora, Siswanto S.Pd mengatakan bahwa proyeksi pendapatan daerah di tahun 2017 sebesar Rp 1,982 triliun yang berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 190,393 miliar, Dana Perimbangan Rp 1,385 triliun, serta pendapatan lain-lain yang sah sebesar Rp 406,987 miliar.

“Sedangkan untuk anggaran belanja tahun 2017 diprediksi mencapai Rp 2,012 triliun dengan rincian belanja tak langsung sebesar Rp 1,204 triliun, belanja langsung Rp 807,930 miliar. Ada pembiayaan netto Rp 30 miliar, sehingga silpa tahun 2017 diperkirakan 0 rupiah atau nihil,” ucap Siswanto.

Adapun Bupati Blora H.Djoko Nugroho usai menandatangani nota kesepakatan KUA-PPAS RAPBD 2017 mengucapkan terimakasih pada pimpinan DPRD yang telah menyetujui rancangan anggaran untuk penyusunan RAPBD 2017.

“Terimakasih saya ucapkan kepada para pimpinan dewan beserta seluruh anggotanya yang telah menyetujui KUA-PPAS ini. Selanjutnya kepada para pengampu SKPD untuk bisa segera menindaklanjuti tahapan selanjutnya agar APBD 2017 bisa segera ditetapkan dan tidak molor lagi,” ujar Bupati.

Bupati memaparkan bahwa sebelumnya pada bulan Juni 2016 telah menyerahkan dokumen KUA-PPAS RAPBD 2017 kepada DPRD sesuai kebutuhan SKPD saat itu. Namun seiring dengan adanya penyusunan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru berdasarkan PP Nomor 11 tahun 2016 maka Pemkab mengajukan KUA-PPAS kembali disesuaikan dengan kebutuhan OPD baru yang akan diberlakukan 2017 nanti.


Hadir dalam rapat paripurna DPRD tersebut Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si, jajaran pimpinan DPRD Blora, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Blora dan seluruh Kepala SKPD, BUMN, BUMD se Kabupaten Blora. (ra-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved