Blora on News :
Home » , , » Jelajahi Japah, Bupati Ajak Warga Jaga Relief Dinding Sungai Alam Kalinanas

Jelajahi Japah, Bupati Ajak Warga Jaga Relief Dinding Sungai Alam Kalinanas

infoblora.com on Nov 12, 2016 | 6:00 AM

Pesona relief dinding sungai alam Kalinanas Kecamatan Japah saat dikunjungi Bupati dan SKPD, Jumat (11/11). (foto: gal-infoblora)
BLORA. Jumat sehat diisi Bupati H.Djoko Nugroho bersama jajaran SKPD dan seluruh camat dengan melaksanakan olahraga jalan sehat jelajah alam di Kecamatan Japah. Tepatnya Jumat pagi (11/11) kemarin mereka berkumpul di lapangan Desa Kalinanas Kecamatan Japah untuk senam pagi dilanjutkan jalan sehat menyusuri hutan, tebing dan sungai sembari mengenali potensi alam setempat.

Udara segar pagi itu serta pemandangan alam yang menawan membuat peserta jalan sehat terkesima. Merekapun tak hentinya-hentinya foto selfie di sepanjang rute dengan suasana hutan hijau, sungai berbatu dan relief dinding sungai alam yang terbentuk dari batu kapur menyerupai kawasan wisata dunia yang terkenal, Green Canyon di Amerika.

Dinding alam di tebing sungai Kalinanas setinggi 12 meter membentuk ukiran indah hasil gerusan aliran sungai. Dijamin siapapun yang datang ke sana akan berfoto selfie dengan background dinding Kalinanas. Pemandangan alam cantik nan mempesona ini terbentuk secara alami ratusan tahun berdampingan dengan areal perkampungan yang masih tradisional serta di pinggiran area hutan.

Bupati bersama Camat Japah dan sejumlah Kepala SPKD foto bersama di bawah
teduhnya tebing dinding batu alam Kalinanas. (foto: dok-humas)
Selain dinding sungai Kalinanas pengunjung juga disuguhi eksotisme jembatan kuno peninggalan kolonial Belanda. Jembatan tersebut merupakan jembatan yang dulunya dilintasi lori pengangkut kayu dari hutan. Masyarakat menyebutnya jembatan merah. Jembatan sepanjang 20 meter dengan tinggi 12 meter itu hingga kini tetap dilintasi warga untuk menuju sawah dan hutan. Hanya saja karena sudah rapuh dan hanya beralas kayu, jembatan itupun hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Saat dilokasi tebing dinding batu kapur Kalinanas, Bupati Blora H.Djoko Nugroho menyampaikan bahwa lokasi tebing sungai tersebut merupakan salah satu destinasi alam Kabupaten Blora yang harus dijaga.

“Tempat ini sangat bagus, semua harus ikut menjaga agar tidak rusak. Jangan biarkan para pengunjung melakukan aksi vandalisme berupa coretan-coretan di dinding batu,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Camat Japah Kiswoyo selaku tuan rumah mengatakan jika musim kemarau saat air sungai surut, tebing batu kapur terlihat lebih eksotis. “Lebih bagus lagi saat musim kemarau sungai sedikit air, dasar sungai terlihat trap relief rapat,” jelasnya.

Tinjau Jalan
Selepas dari jalan sehat jelajah alam di Kalinanas, Bupati mengajak rombongan SKPD meninjau jalan alternatif Kecamatan Japah menuju Kota Blora melalui Desa Padaan ke arah timur sampai tembus perempatan Pasar Jambangan Desa Sukorejo Kecamatan Tunjungan, hingga lapangan Golf.

Untuk diketahui, jalan tersebut merupakan jalur terdekat wilayah Japah dan Todanan menuju Blora Kota. Dan sampai saat ini pembangunan infrastruktur jalur tersebut sudah mencapai hampir 70% (persen). (jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved