Blora on News :
Home » , » Jalan Banjarejo-Ngawen Nyaris Putus, Perbaikan Diusulkan Rp 1 Miliar

Jalan Banjarejo-Ngawen Nyaris Putus, Perbaikan Diusulkan Rp 1 Miliar

infoblora.com on Nov 16, 2016 | 2:00 AM

Menggantung, aspal badan jalan penghubung Banjarejo menuju Ngawen tinggal menunggu ambrol karena tanah dibawahnya sudah amblas. (foto: gi-infoblora)
BLORA. Longsor yang mengikis jalan kabupaten penghubung Kecamatan Banjarejo menuju Kecamatan Ngawen sejak pekan lalu di dekat Jembatan Banjarejo nampaknya semakin melebar. Parahnya, badan jalan yang berada di belakang Mapolsek Banjarejo ini sudah separuh ikut amblas dan nyaris putus sehingga tidak bisa lagi dilalui kendaraan roda empat dengan muatan berat.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan, petugas dari Polsek Banjarejo pun memasang rambu larangan melintas dari arah selatan di pertigaan Mapolsek dan dari arah utara dipasang rambu yang sama di perempatan Desa Karangtalun.

Berdasarkan tinjauan lapangan yang dilakukan tim Info Blora kemarin, longsor tidak hanya memakan separuh badan jalan saja. Namun juga memakan lahan persawahan milik warga yang berada di sebelah barat jalan. Longsor semakin parah ketika turun hujan lebat, karena gerusan air selokan yang deras meluncur dari Desa Banjarejo masuk ke aliran Kali Lusi.

Longsor sepanjang 100 meter lebih mengancam jalan kabupaten penghubung Banjarejo-Ngawen. (foto: gi-infoblora)
“Agar longsor tidak semakin parah, kami terpaksa membelokkan saluran air ke areal persawahan. Jika dibiarkan, setiap hujan deras pasti longsor akan melebar. Ini saja jalannya sudah hampir putus, aspalnya sudah menggantung karena tanah dibawah jalan sudah amblas,” ucap Yanto, warga setempat.

Ia menjelaskan, panjang jalan yang longsor ada 100 meter lebih dengan kedalaman longsoran mencapai 5 meter. Hal itu dikarenakan lokasi longsor merupakan muara selokan kampung untuk masuk ke Kali Lusi yang dalam.

Rabu larangan melintas bagi roda empat dipasang di pertigaan Mapolsek Banjarejo.
(foto: gi-infoblora)
Menurutnya, pada hari Sabtu (12/11) lalu sudah ada tim dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Blora yang datang untuk melakukan pendataan dan pengukuran longsor. Pihaknya menginginkan pemerintah bisa segera melakukan perbaikan darurat agar longsor tidak semakin melebar. Pasalnya jalan tersebut merupakan akses utama dan satu-satunya menuju Kecamatan Ngawen dan sekitarnya.

Terpisah, Plt Kepala DPU Blora Drs.Bondan Sukarno MM menyatakan bahwa pihaknya akan mengusulkan anggaran Rp 1 miliar untuk penanganan longsoran jalan Banjarejo-Ngawen tersebut. Hanya saja dana sebesar itu belum bisa digunakan saat ini karena baru akan dimasukkan dalam usulan APBD 2017.

“Sementara akan ditangani darurat dahulu dari dana darurat bencana. Untuk perbaikan permanennya akan kita usulkan anggaran Rp 1 miliar dalam APBD 2017 nanti,” ucapnya. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved