Blora on News :
Home » , » Digelar Kembali, Pentas Seni Blok T Blora Tampilkan Barongan Kadengan

Digelar Kembali, Pentas Seni Blok T Blora Tampilkan Barongan Kadengan

infoblora.com on Nov 14, 2016 | 5:30 AM

Pertunjukan seni barongan Sami Manunggal Budoyo di Blok T Blora, Sabtu malam Minggu (12/11). (foto: ag-infoblora)
BLORA. Setelah beberapa bulan vakum, akhirnya kegiatan Pentas Seni Blok T dengan menampilkan grup kesenian Barongan Blora kembali digelar oleh Komunitas Seni Budaya (KSB) Blora kerja bareng bersama Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI), Sabtu malam Minggu (12/11) lalu.

Bertempat di panggung terbuka Blok T Blora, pentas seni menampilkan kesenian Barongan Blora dari paguyuban Sami Manungga Budoyo dari Dukuh Kadengan Desa Kamolan Kecamatan Blora. Sejak pukul 19.00 WIB masyarakat pun terus memadati sekeliling panggung untuk menyaksikan pertunjukan kesenian khas Blora ini.

Pertunjukan demi pertunjukan disajikan mulai tari barongan, bujangganong, gendruwonan, jaranan hingga nggaenah serta untup nayantaka. Semua tampil atraktif menghibur masyarakat yang malam itu sedang bermalam mingguan sambil “momong” anak dan cucu.

“Iya, memang kemarin sempat vakum karena pengurus KSB sibuk dengan agenda event lainnya. Kini kita adakan lagi dan alhamdulillah sambutan penonton luar biasa. Ini sebagai komitmen kami dari KSB untuk terus nguri uri kesenian tradisional Kabupaten Blora,” ucap Edi Kalbu, salah satu pengurus KSB.

Diketahui bersama, sejak awal 2016 lalu KSB memang secara rutin menggelar pentas kesenian setiap malam minggu di panggung terbuka Blok T. Selain untuk melestarikan kesenian tradisional Blora, juga untuk memberikan hiburan kepada masyarakat yang sedang berakhir pekan.

Edi juga mengungkapkan bahwa di minggu keempat November nanti juga akan digelar Festival Barong Nusantara ke 3 bertema “All About Blora’s Culture” yang salah satu kegiatannya adalah “Napak Tilas Barongan Blora” yang berisi kegiatan tentang pameran barongan kawak, seni kriya cungkil barongan, serta souvenir perajin barongan.

“Akhir November nanti, tepatnya 25-26 November bertempat di Gedung Sasana Bakti,” pungkasnya. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved