Blora on News :
Home » , » Bupati Blora Ajak Pelajar SMA Berkebun Tanaman Potensi Lokal

Bupati Blora Ajak Pelajar SMA Berkebun Tanaman Potensi Lokal

infoblora.com on Nov 11, 2016 | 3:00 AM

Bupati H.Djoko Nugroho (tengah) tertarik dengan budidaya waluh orange (kabucha) serta waluh madu, dan meminta 2 siswi SMA untuk ikut berkebun tanaman tersebut di Kebun PKK Kabupaten. (foto: jo-infoblora)
BLORA. Keputusan Dela Diana Fatmawati dan Diah Kemala, dua siswi SMA Negeri 1 Blora yang memutuskan untuk terjun di dunia pertanian dengan cara ikut mengembangkan tanaman potensi lokal ternyata mendapatkan respon positif dari Bupati H.Djoko Nugroho.

Meskipun berstatus sebagai pelajar SMA jurusan IPA yang tidak mendapatkan mata pelajaran khusus tentang pertanian, ternyata dua siswi ini mempunyai bakat dalam hal tanam menanam.

Mereka pun telah ikut melaksanakan pengembangan potensi waluh madu dan waluh orange (kabucha) di Desa Tempuran yang hasilnya dipamerkan dalam Gelar Potensi Pertanian Blora 2016, di Blok T Rabu-Kamis (9-10/11) kemarin.

Saat meninjau stand pameran di Gelar Potensi Pertanian Blora 2016, Rabu (9/11) lalu, Bupati pun tertarik dengan Dela dan Diah yang sedang asik mempromosikan produk waluh madu dan kabucha.

“Hebat, anak SMA lebih memilih dunia pertanian. Berbeda dengan trend anak muda jaman sekarang yang mengganggap pertanian itu ndeso. Terlebih ini anak SMA Negeri yang tidak punya basic ilmu pertanian. Coba kalau memang serius ingin mengembangkan hobbi bercocok tanam nanti bisa berkebun di Pendopo Kabupaten,” kata Bupati.

Sebagai bentuk dukungan, Bupati langsung meminta kepada dua siswi berhijab ini untuk ikut mengelola kebun PKK yang berada di sebelah barat Pendopo Rumah Dinas Bupati, pasalnya lahan di SMA Negeri 1 Blora sudah tidak ada lokasi untuk bercocok tanam mengingat sempitnya tanah.

Mereka diminta berkolaborasi dengan Ibu-ibu PKK dalam mengelola kebun. Bupati ternyata sangat senang melihat potret generasi muda yang tertarik dengan dunia cocok tanam. Utamanya menanam komoditas lokal Blora yang bisa dikembangkan untuk menopang perekonomian masyarakat.

Ia menyarankan agar Dinas Pertanian bisa ikut melakukan pendampingan dan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi yang memiliki spesifikasi ilmu pertanian seperti Institur Pertanian Bogor (IPB) maupun Fekultas Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM).

Niat Bupati inipun didukung Ketua Tim Penggerak PKK Blora Dra. Hj. Umi Kulsum didampingi Wakil Ketua PKK Blora Hj. Ainus Sholichah. Pihaknya diminta menyiapkan bibit tanaman dan melakukan penanaman produk pertanian lokal Blora. (jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved