Blora on News :
Home » , » Usai Dikirab, 2 Gunungan dan Puluhan Tumpeng Ludes Diserbu Warga

Usai Dikirab, 2 Gunungan dan Puluhan Tumpeng Ludes Diserbu Warga

infoblora.com on Oct 27, 2016 | 8:30 AM

Hanya dalam hitungan menit, 2 gunungan ludes diserbu warga usai digelar doa syukuran Festival Sunan Pojok di Alun-alun Blora, Rabu malam (26/10). (foto: ag-infoblora)
BLORA. Dua gunungan hasil bumi berupa buah-buahan, palawija dan sayuran sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT yang disusun rapi mengerucut setinggi 1,5 meter mendadak ludes diserbu warga setelah dikirab mengelilingi pusat Kota Blora dan didoakan oleh tokoh agama. Bahkan puluhan tumpeng pun ikut habis seketika dimakan oleh ribuan warga yang Rabu malam (26/10) kemarin memenuhi Jl.Alun-alun Utara depan Pendopo Kabupaten.

“Alhamdulillah bisa ikut manganan, tumpengan massal gratis dalam rangka Festival Sunan Pojok tahun ini. Semoga bisa ikut menikmati berkah syukuran ini,” ucap Warti, salah satu warga Blora yang ikut menyerbu tumpeng dan gunungan.

Ya, itulah sebagian keramaian Festival Sunan Pojok 3 yang digelar Komunitas Seni Budaya (KSB) Blora kerjasama dengan Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) dan Yayasan Sunan Pojok.

Bupati dan Wakil Bupati ikuti tumpengan Festival Sunan Pojok. (foto: ag-ib)
Setelah pada hari pertama menggelar pentas musik religi dengan kesenian hadroh, syi’iran dan ngelik, di hari kedua digelar kirab gunungan disertai pawai obor santri dan manganan tumpengan massal sebagai wujud rasa syukur dengan dihadiri Bupati H.Djoko Nugroho dan Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si.

“Masih dalam suasana hari santri dan menyambut Haul Sunan Pojok, mari kita syukuri dengan menggelar manganan ini. Semoga kedepan Blora lebih baik lagi,” ucap Bupati didampingi Wabup H.Arief Rohman dan Kepala DPPKKI Slamet Pamudji.

Tidak hanya warga yang merayakan dengan rebutan gunungan hasil bumi dan tumpeng. Bupati dan Wakil Bupati pun juga ikut memotong tumpeng untuk dimakan bersama-sama dengan warganya. Menikmati nasi tumpeng dilanjutkan dengan menikmati hiburan musik religi dari grup El Shinta yang sengaja didatangkan panitia dari Demak.

Dua gunungan besar yang digotong oleh TNI dalam kirab keliling pusat Kota Blora sebelum ludes diserbu warga. (foto: ag-ib)
Untuk diketahui, sebelumnya kirab gunungan dilakukan keliling pusat kota dengan diikuti pasukan Yonif 410 Blora, Banser, dan santri yang membawa obor dan tetabuhan musik hadroh. Sepanjang rute peserta kirab menyanyikan sholawat dari Alun-alun menuju Jl.Pemuda – Jl.Sumodarsono – Jl.Kenanga – Jl.MR Iskandar – Jl.Gatot Subroto – JL.KHA Dahlan – Jl.Abu Umar dan kembali lagi ke Alun-alun lagi.

“Alhamdulillah acara berjalan lancar untuk ketiga kalinya tahun ini sejak 2014 lalu. Semoga tahun depan bisa lebih meriah lagi. Adapun untuk Haul Sunan Pojok masih berlangsung hingga acara puncak pengajian akbar besok Minggu malam (30/10),” ucap Budi Santoso, salah satu panitia dari KSB. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved