Blora on News :
Home » , » Suronan Mlangsen : Tahlil Bersama, Barongan Hingga Wayangan Dalang Ganda

Suronan Mlangsen : Tahlil Bersama, Barongan Hingga Wayangan Dalang Ganda

infoblora.com on Oct 3, 2016 | 9:03 AM

Pementasan wayang kulit dalang ganda atau duet sebagai penutup acara peringatan 1 suro dan 1 muharram Kelurahan Mlangsen. (foto: aj-infoblora)
BLORA. Datangnya tahun baru 1 Muharram 1438 Hijriyah dan tahun baru jawa 1 Suro 1950 diperingati warga Kelurahan Mlangsen secara meriah dengan berbagai kegiatan. Acara yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini dimulai dengan kegiatan tahlil bersama, kirab pusaka tengah malam, kirab kesenian barongan hingga pementasan wayang kulit semalam suntuk.

Soebekti, selaku ketua panitia peringatan 1 Suro dan 1 Muharram Kelurahan Mlangsen tahun 2016 menjelaskan bahwa sebagai bentuk ucapan syukur datangnya tahun baru Islam dan Jawa, warga Mlangsen sudah rutin setiap tahun menggelar doa bersama, syukuran dan pentas seni tradisional.

“Sabtu malam (1/10) mulai 20.00 WIB kami mulai kegiatan dengan tahlil bersama hingga pukul 23.30 WIB di Balai Kelurahan Mlangsen dilanjutkan tirakatan menyambut datangnya tahun baru. Tepat tengah malam kita selenggarakan kirab pusaka bersama seluruh tokoh masyarakat, RW, RT dengan berkeliling wilayah Kelurahan Mlangsen,” ucapnya.

Pementasan seni barong Singo Lodra Kelurahan Mlangsen dalam peringatan 1 suro. (foto: dok-ar/infoblora)
Sedangkan pada Minggu siang (2/10) pukul 14.00 WIB hingga 16.00 WIB digelar kirab seni barongan dari paguyuban seni barong Singo Lodra dari Balai Kelurahan Mlangsen di Jl.Mangga menuju Koplakan Pasar Pitik di Jl.Kenanga yang malam harinya ditempati untuk pentas wayang kulit.

“Alhamdulillah kirab barongan kemarin ramai dipenuhi penonton meskipun cuaca sempat gerimis hujan. Ini sebagai bentuk dukungan pelestarian seni budaya daerah di Kelurahan Mlangsen,” lanjutnya.

Sebagai kegiatan penutup, Minggu malam digelar pementasan wayang kulit dalang ganda atau dua dalang pentas bersamaan dalam satu kelir. Adapun yang pentas adalah Ki Nuryanto dari Desa Purwosari duet bersama Ki Ragil Sudarsono dari Desa Karangjong dengan memainkan lakon Bima Maneges.

“Ini kegiatan yang positif, dan rutin diselenggarakan setiap tahunnya di Kelurahan Mlangsen. Pak Bupati mengapresiasi dan mendukung agar acara ini bisa terus dilaksanakan kedepannya. Semoga di tahun baru Islam serta tahun baru jawa ini kita semua diberikan kesehatan, keselamatan dan kesuksesan dalam menjalan tugas untuk mewujudkan Blora yang lebih sejahtera dan bermartabat,” ucap Camat Blora, Kunto Aji mewakili Bupati Blora.

Hadri dalam acara tersebut Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Slamet Pamudji, Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Blora Sukarno, Lurah Mlangsen Budiman, dan segenap warga Mlangsen serta Blora pada umumnya. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved