Blora on News :
Home » , » Seni Hadroh dan Syi'iran Buka Festival Sunan Pojok 3 di Alun-alun Blora

Seni Hadroh dan Syi'iran Buka Festival Sunan Pojok 3 di Alun-alun Blora

infoblora.com on Oct 26, 2016 | 3:00 AM

Salah satu penampilan tim hadroh atau marawis yang meramaikan pembukaan Festival Sunan Pojok 3 semalam. (foto: ag-ib)
BLORA. Festival Sunan Pojok 3 sebagai event pembuka rangkaian kegiatan Haul Sunan Pojok tahun 2016 telah digelar. Di hari pertama, Selasa malam (25/10) festival dibuka dengan malam pementasan seni hadroh dan ngelik atau syi’iran yang digelar di Alun-alun Blora.

Acara yang diprakarsai oleh Komunitas Seni Budaya (KSB) Blora bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) serta Yayasan Sunan Pojok ini dimulai pukul 19.00 WIB. Diawali dengan sambutan ketua panitia Budi Bence Susanto dari KSB.

“Festival Sunan Pojok yang telah diselenggarakan tahun ketiga ini merupakan wujud dukungan para seniman dan Pemkab Blora untuk ikut meramaikan Haul Sunan Pojok. Sebelum prosesi haul dimulai, kita awali dengan festival yang menampilkan kesenian islami. Seperti hadroh, syi’iran dan ngelik pada malam ini (kemarin-red). Syi’iran dan ngelik merupakan seni islam yang mulai punah sehingga kami munculkan kembali,” ucapnya.

Pementasan pertama menampilkan grup hadroh marawis dari Desa Sitirejo Kecamatan Tunjungan. Penabuh dan penyanyinya terdiri dari anak-anak muda, mereka tampil atraktif guna menghibur penonton yang malam itu sedang jalan-jalan di Alun-alun. Bahkan 2 penyanyi utama sempat bergoyang, menari ala tarian arab sehingga membuat penonton bertepuk tangan.

Tiap grup atau tim kesenian diberikan waktu tampil masing-masing 45 menit. Mereka membawakan lagu sebanyak 6-8 lagu dengan diselingi tarian. Tidak hanya grup marawis dari Sitirejo yang berhasil memukau penonton, grup lainnya dari Pondok Pesantren Ngadipurwo, grup Syi’iran dari Sitirejo dan grup Ngelik dari Sitirejo juga tampil apik.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala DPPKKI Slamet Pamudji beserta Ibu untuk memberikan dukungan dan apresiasi kepada KSB dan para seniman islam yang telah mencurahkan seluruh tenaganya untuk memeriahkan Festival Sunan Pojok 3.

Adapun menurut Budi Bence Susanto, pada malam kedua yakni Rabu malam (26/10) akan digelar malam puncak Festival Sunan Pojok 3 yang akan dimeriahkan dengan Kirab Gunungan, Pawai Obor, Tumpengan massal atau Manganan serta pentas musik religi. “Bintang tamunya grup El Shinta dari Pekalongan. Monggo silahkan nonton berbondong-bondong bersama keluarga dan teman-teman. Acara dimulai selepas maghrib, pukul 18.30 WIB,” pungkasnya. (jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved