Blora on News :
Home » , » Haul Sunan Pojok Blora, Ribuan Peziarah Silih Berganti Ikuti Pergantian Kelambu

Haul Sunan Pojok Blora, Ribuan Peziarah Silih Berganti Ikuti Pergantian Kelambu

infoblora.com on Oct 30, 2016 | 12:49 PM

Ribuan peziarah silih berganti datang ke makam Sunan Pojok Blora untuk berdoa, terlebih saat prosesi pergantian kain kelambu makam semalam. (foto: jo-infoblora)
BLORA. Rangkaian acara Haul Sunan Pojok Syech Abdurrochim Blora tahun 2016 telah mendekati acara puncak. Ribuan jamaah dari berbagai wilayah mulai berdatangan silih berganti untuk berziarah mendoakan salah satu panglima perang Mataram Islam sekaligus penyebar agama di Kabupaten Blora ini.

Seperti Sabtu malam (29/10) di acara pergantian kain kelambu makam, dipenuhi sesak para peziarah yang ikut berdoa membacakan tahlil dan surat yasin untuk sang Sunan. Acara yang dipimpin oleh KH.Muhtadi Noor dari Jetis Blora ini pun berlangsung khidmat mulai pukul 20.00 WIB hingga mendekati tengah malam.

Usai membaca tahlil secara berjamaah, panitia melakukan pergantian kain kelambu makam dengan disaksikan ribuan peziarah yang malam itu datang secara berkelompok.

“Saya tadi dari rumah selepas isyak berangkat bersama-sama dengan tetangga naik bus rombongan. Ingin berziarah ke Makam Sunan Pojok sekaligus menghadiri rangkaian acara haulnya. Setiap tahun ikut seperti ini mas, itung-itung jalan-jalan ke kota juga,” ucap Sriwati sambil tertawa, salah satu warga Jiken.

Sementara itu Suryanto, salah satu panitia dari Yayasan Sunan Pojok Blora menjelaskan bahwa pergantian kelambu makam merupakan salah satu rangkaian acara haul.

“Ini kegiatan tahunan menjelang acara puncak Haul Mbah Pojok. Agar kembali bersih, pasalnya pergantian kain kelambu hanya dilakukan setahun sekali. Tidak ada maksud apapun, murni sebagai bentuk penghormatan kami terhadap leluhur dan mendoakannya,” ucap Suryanto.

Ia juga menyampaikan bahwa acara puncak Haul Sunan Pojok baru akan digelar Minggu malam (30/10) dengan kegiatan Pengajian Akbar bertempat di depan Masjid Agung Baitunnur Blora yang tidak jauh dari Makam Sunan Pojok. Pengajian akan menghadirkan pembicara dari Sidoarjo Jawa Timur yakni KH.Agus Ali Masyhuri (Gus Ali).

“Minggu pagi (hari ini-red) hingga siang dilangsungkan acara khotmil qur’an dan pengajian umum di komplek makam dengan menghadirkan pembicara KH.Mukromin dari Kabupaten Pati. Monggo umat muslim bisa hadir di kegiatan ini hingga malam nanti,” ucap Suryanto. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved