Blora on News :
Home » , » Hari ini Rangkaian Kegiatan Festival dan Haul Sunan Pojok Blora Dimulai

Hari ini Rangkaian Kegiatan Festival dan Haul Sunan Pojok Blora Dimulai

infoblora.com on Oct 25, 2016 | 8:00 AM

Jadwal kegiatan Festival dan Haul Sunan Pojok Blora 2016. (foto: opick-ib)
BLORA. Event Festival dan Haul Sunan Pojok Blora tahun 2016 akan resmi dibuka pada hari Selasa malam (25/10) di Alun-alun Kota Blora. Sebagai acara pembuka hari pertama akan digelar kegiatan Syi’iran berupa seni Ngelik dan Hadroh yang diselenggarakan di panggung terbuka Alun-alun Blora.

“Malam nanti akan dibuka pukul 19.00 WIB di Alun-alun. Siang ini panggung mulai didirikan di sebelah utara ringin Alun-alun. Silahkan masyarakat untuk menyaksikan rame-rame. Sedangkan keseluruhan rangkaian acara Festival dan Haul Sunan Pojok ajan berlangsung hingga 30 Oktober mendatang,” ucap Edi Kalbu, panitia festival dari Komunitas Sosial Budaya (KSB) Blora.

Ia menjelaskan, secara umum untuk festival Sunan Pojok tahun ini susunan kegiatannya tidak jauh berbeda dengan tahun tahun sebelumnya seperti panggung kesenian, kenduri atau manganan tumpeng massal hingga kirab. Pembedanya tahun ini akan menampilkan beberapa kesenian islami yang sudah mulai langka seperti seni syi’ir dan ngelik.

“Sengaja kami tampilkan syi’ir dan ngelik agar masyarakat kembali mengenali seni islam yang kini mulai jarang dipentaskan,” ujarnya.

Adapun agenda lengkap Festival dan Haul Sunan Pojok Blora tahun 2016 adalah sebagai berikut :
1. Syi’iran, Selasa 25 Oktober 2016 di Alun-alun Blora dimeriahkan Seni Ngelik dan Hadroh mulai pukul 19.00 WIB
2. Malam Festival Sunan Pojok, Rabu 26 Oktober 2016 di Alun-alun Blora dimeriahkan Kirab Gunungan, Pawai Obor, Manganan, Ngelik dan seni qasidah dangdut EL-SHINTA mulai pukul 18.30 WIB
3. Khotmil Qur’an bin Nadlor dan Pembukaan Kelambu, Jumat 28 Oktober 2016 di komplek Makam Sunan Pojok selatan Alun-alun Blora mulai pukul 20.00 WIB
4. Tahlilan dan Pengajian, Sabtu 29 Oktober 2016 di komplek Makam Sunan Pojok Blora mulai pukul 06.00 WIB dengan pembicara KH Mukromin dari Pati Jawa Tengah
5. Pengajian Akbar Haul Sunan Pojok, Minggu 30 Oktober 2016 di depan Masjid Agung Baitunnur Alun-alun Blora mulai pukul 20.00 WIB dengan pembicara KH Ali Masyhuri (Gus Ali) dari Sidoarjo Jawa Timur.

Selama acara berlangsung nanti, ratusan PKL dipastikan akan ikut memeriahkan Festival dan Haul Sunan Pojok mulai dari Alun-alun menuju Makam Sunan Pojok. Pihak panitia pun siap berkoordinasi dengan petugas keamanan terkait penutupan jalan dan pengamanan event.

“Khusus untuk kirab gunungan dan pawai obor, akan digelar Rabu malam dengan rute Masjid Baitunnur Alun-alun menuju Jl.MR Iskandar – Jl.Gatot Subroto – Jl.KH Ahmad Dahlan – Jl.Abu Umar – Jl.RA Kartini dan kembali ke Alun-alun,” paparnya.


Masyarakat dipersilahkan ikut manganan massal setelah kirab, dimana panitia menyediakan 200 tumpeng yang akan didoakan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT. “Tumpeng nanti akan dimakan rame-rame. Insya Allah Pak Bupati yang akan memimpin kirab dan manganan tumpeng,” pungkasnya. (ra-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved