Blora on News :
Home » , » Gunakan Limbah Kayu Jati, Siswa SMAN 1 Blora Juara Seni Lukis Nasional

Gunakan Limbah Kayu Jati, Siswa SMAN 1 Blora Juara Seni Lukis Nasional

infoblora.com on Oct 3, 2016 | 3:00 AM

Dua pelajar SMAN 1 Blora berhasil menjadi pemenang pertama dan kedua dalam Kompetensi Nasional Seni Lukis Remaja 2016 di Plaza Senayan, Jakarta. (foto: dok-smansa)
BLORA. Prestasi tingkat nasional kembali ditorehkan sepasang siswa SMA Negeri 1 Blora dalam bidang seni lukis. Saat mengikuti Kompetensi Nasional Seni Lukis Remaja 2016 di Plaza Senayan Jakarta, 1 Oktober 2016 kemarin, Indigo Daffa Mileniar siswa kelas XI IPS 2 dan Rizka Alfiana Imawati siswi XII MIPA 6 berhasil meraih juara pertama dan kedua.

Di ajang lomba lukis yang diselenggarakan oleh Yayasan Seni Rupa Indonesia dengan tema “Berbeda Itu Indah” ini, dua pelajar Blora dari SMAN 1 mampu mengalahkan karya dari 189 peserta dari berbagai daerah se Indonesia. Daffa dan Rizka yang memanfaatkan limbah kayu jati sebagai media lukis, ternyata mampu mencuri nilai tinggi dari para juri.

Daffa dan Rizka memamerkan piala hasil prestasinya di KNSLR 2016.
(foto: dok-smansa)
Berdasarkan keterangan yang diperoleh Info Blora, karya Daffa yakni lukisan yang mempergunakan media serbuk limbah kayu dicampur dengan cat warna di atas kanvas berhasil menggambarkan keindahan perbedaaan corak ikon khas Indonesia. Juri pun terkesima dan menetapkannya sebagai juara pertama.

Sedangkan karya Rizka lukisan di atas papan jati tua menggunakan pena dan cat tembok juga berhasil mencuri perhatian juri sehingga ditetapkan sebagai juara kedua. Media lukis kayu jati ternyata merupakan warna baru yang dinilai unik dan menarik.

“Kedua peserta dari Blora ini berhasil mengekspresikan penghargaan terhadap perbedaan  melalui media lukis yang unik. Mereka menggambarkan perbedaan ragam budaya Indonesia dalam media kayu jati dan serbuk kayu. Selain memenuhi kriteria perbedaan, ini merupakan kreatifitas yang tinggi,” ucap Ketua Dewan Juri, Lanny P Andriani, seperti dikutip dari harian Kompas.

Karya lukis Daffa di atas kanvas dengan memanfaatkan media serbuk kayu dan cat. (foto: dok-smansa)
Terpisah, Yudi Tezar salah satu guru kesenian SMA Negeri 1 Blora saat dihubungi Info Blora, Minggu (2/10) kemarin menyatakan rasa bangganya atas raihan prestasi yang berhasil ditorehkan anak didiknya.

“Sangat bangga dengan prestasi mereka yang telah mengharumkan nama sekolah dan Kabupaten Blora di tingkat nasional, mengingat ajang tersebut diikuti seluruh perwakilan daerah se Indonesia. Ini sebagai bukti bahwa siswa SMAN 1 Blora tidak hanya berprestasi di bidang akademik, melainkan di bidang kesenian juga mampu berprestasi,” ungkap Yudi Tezar.

Karya Rizka, lukisan di atas media kayu jati yang menggambarkan keberagaman suku dan budaya Indonesia.
(foto: dok-smansa)
Ia berharap kedepan semakin banyak siswa dari SMAN 1 Blora yang bisa terus menorehkan prestasi di tingkat nasional sesuai dengan kemampuan dan bakatnya. “Berprestasi tidak harus dalam bidang akademik saja,” tegasnya. (jo-infoblora)
Share this article :

1 komentar:

muslimin prd said...

Bangga saya sama kalian., Terus perjuangkan karya nya. jangan hanya berhenti di sini.. :)

Teruslah Berkarya.

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved