Blora on News :
Home » , » Didampingi Provost, Kapolres Sidak Pungli ke Samsat dan Satlantas Blora

Didampingi Provost, Kapolres Sidak Pungli ke Samsat dan Satlantas Blora

infoblora.com on Oct 29, 2016 | 1:00 AM

Kapolres AKBP Surisman SIK, MH sidak ke bagian cek fisik kendaraan bermotor Kantor Samsat Blora, kemarin. (foto: san-ib)
BLORA. Upaya pemberantasan segala bentuk pungutan liar (pungli) di jajaran Polres Blora terus dilakukan. Setelah beberapa hari lalu melakukan pemasangan banner stop pungli, kini giliran Kapolres Blora AKBP Surisman SIK, MH yang turun langsung melakukan inspeksi dadakan (sidak) untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan masyarakat di Samsat dan Satlantas.

Secara mendadak, tanpa pemberitahuan Kapolres dengan didampingi petugas Provost mampir ke kantor Samsat Blora. Kapolres Blora langsung mendatangi dan masuk ke lokasi Bagian Urusan Cek Fisik kendaraan. Kemudian menyapa personil Satlantas Polres Blora yang bertugas di bagian tersebut dan langsung melakukan penggeledahan didampingi oleh Provost.

Inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Kapolres ini merupakan kali pertama, dimana sebelumnya ia memerintahkan kepada Propam Polres Blora untuk melaksanakan sidak. Dan kemarin ini Kapolres sendiri yang turun langsung untuk sidak ke Samsat dan Satlantas Polres Blora.

Kapolres minta masyarakat lapor melalui SMS jika mengetahui ada pungli
di jajaran Polres Blora. (foto: san-ib)
Menurut keterangan Agus, salah satu warga yang berbincang dengan Kapolres Blora menerangkan bahwa dirinya senang dengan adanya Sidak Kapolres di tempat pelayanan masyarakat seperti Samsat ini, semua jadi tambah lancar, di Samsat tidak terlihat orang berjubel lagi seperti sebelum ada program Saber Pungli.

Selanjutnya Kapolres Blora langsung menuju kantor Satlantas Polres Blora untuk melanjutkan sidaknya. Sesampainya di Satlantas Blora Kapolres AKBP Surisman langsung masuk ke ruang Baur SIM untuk mengecek dan menggeledah apakah ada praktek penyelewengan pungli yang dilakukan anggotanya.

Di damping Kasi Propam serta personil Provos Kapolres tidak menemukan adanya praktek pungli, semua berjalan sesuai dengan prosedur. Kemudian Kapolres menemui warga yang sedang melaksanakan ujian praktek SIM C dan berbincang bincang dengan salah satu pemohon SIM C lalu menanyakan apakah dalam pelayanan Kepolisian masih ada kekuranan atau bahkan penyelewengan. 

“Lumayan cepat dan tidak ada tambahan biaya. Selesai tes tulis, praktek lulus, foto selesai. Total waktu yang dibutuhkan tidak sampai dua jam, sekitar 1,5 jam,” kata Joko Suprayitno warga Kelurahan Jetis, pemohon SIM A yang ditemui seusai pasca pasfoto diruang pemprosesan SIM.

Kapolres Blora AKBP Surisman, S.I.K,M.H yang dicegat para wartawan baik media Cetak maupun Elektronik seusai sidak di Baur SIM, mengaku hanya kontrol, agar stafnya bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.


(berita sebelumnya : klik Pasang Banner Besar, Satlantas Blora Tegaskan Bebas Pungli dan Calo)

“InsyaAllah, kalau untuk Pungli belum saya temukan. Karena kita selalu melakukan pengawasan. Apabila masih ada penyelewengan yang dilakukan saat pelayanan publik oleh anggotanya dimohon kepada masyarakat untuk mengirimkan sms atau telepon ke nomor aduan yang sudah tertera di Spanduk Anti Pungli yang sudah terpasang. Dan aduan masyarakat tersebut akan segera ditindak lanjuti serta apabila ada personil yang terbukti bersalah akan dikenakan sanksi Kode Etik Kepolisian yang berlaku,” tegas Kapolres Blora AKBP Surisman, SIK, MH. (jo-ib | resbla)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved