Blora on News :
Home » , » Bupati Blora Ajak Para Petani Tanam Tanaman Buah di Pekarangan

Bupati Blora Ajak Para Petani Tanam Tanaman Buah di Pekarangan

infoblora.com on Oct 14, 2016 | 5:36 PM

Bupati Blora H.Djoko Nugroho mengajak para petani turut aktif mananam buah-buahan di pekarangan untuk mendukung peningkatan kebutuhan gizi dan kebutuhan ekonomi. (foto: dok-ib)
BLORA. Tidak hanya mendukung peningkatan produktifitas pertanian dengan membagikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) saja, Bupati Blora H.Djoko Nugroho dengan didampingi Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) juga mengajak para petani untuk menanam tanaman buah di pekarangan rumah.

Hal itu disampaikan Bupati usai menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) sebanyak 166 unit kepada perwakilan kelompok tani di halaman Kantor Dintanbunakikan Blora, Jumat (14/10).

Monggo para petani ojo mung nandur pari lan palawija ning sawah. Manfaatke lahan pekarangan ning sak kiwo tengene omah kanggo tanaman buah sing iso dipanen rutin, nek iso amben sasi panen. Ben iso didol, dinggo memenuhi kebutuhan saben dino,”ucap Bupati dalam bahasa jawa.

(Ayo para petani jangan hanya menanam padi dan palawija di sawah. Manfaatkan lahan pekarangan di sekitar rumah untuk tanaman buah yang bisa dipanen rutin, kalau bisa setiap bulan panen. Supaya bisa dijual untuk mencukupi kebutuhan setiap hari-red)

Perwakilan kelompok tani diajak Bupati menanam buah-buahan. (foto: dok-ib)
Bupati mengungkapkan itu karena di Blora kini sudah ada beberapa petani yang sukses menanam buah-buahan di pekarangan dan tegalan sehingga bisa untuk meningkatkan perekonomian agar tidak hanya bergantung pada padi, jagung dan kedelai saja. Cara tersebut, menurutnya merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Blora dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi petani.

Saat ini petani di Desa Tanggel Kecamatan Randublatung telah dikenal berhasil membudidayakan jeruk siam sebagai komiditas utama pertanian selain padi dan jagung. Belum lama ini Bupati dan Dintanbunakikan juga membagikan bibit buah-buahan kepada warga dan petani di Desa Tempuran Kecamatan Blora Kota.

“Selain bisa untuk memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin untuk anak-anak, hasil buah-buahan itu nanti juga bisa dijual. Saya ingin kedepan Blora bisa jadi sentra buah-buahan,” tegasnya.

(berita terkait: klik Bupati Serahkan 166 Alsintan, Tidak Boleh Dijual dan Tidak Untuk Pribadi)

Diinformasikan, awal tahun 2017 nanti Pemkab Blora akan lebih fokus menangani bidang pertanian. Dikarenakan Dinas Pertanian Perkebunan, Perikanan, Dan Peternakan (Dintanbunnakikan) Kabupaten Blora akan dipecah menjadi 2 Dinas, yakni Dinas Pertanian Perkebunan dan Dinas Peternakan Perikanan sehingga akan bisa lebih konsen. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved