Blora on News :
Home » , » Blusukan ke Pedesaan, Layanan Dindukcapil Blora Diserbu Warga Hingga Malam

Blusukan ke Pedesaan, Layanan Dindukcapil Blora Diserbu Warga Hingga Malam

infoblora.com on Oct 21, 2016 | 2:00 AM

Hingga malam datang, antrian masyarakat mengurus dokumen kependudukan masih dilayani petugas Dindukcapil Blora di Gedung Serbaguna Desa Sumber Kecamatan Kradenan. (foto: dok-desber)
BLORA. Guna lebih mempermudah akses masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Blora terus melakukan program blusukan ke pedesaan melaksanakan layanan jemput bola terkait pembuatan dokumen administrasi kependudukan (adminduk).

Seperti pada hari Senin lalu (17/10) Dindukcapil membuka layanan adminduk di Desa Sumber Kecamatan Kradenan. Sejak dibuka pagi hari, ratusan warga dari Desa Sumber dan sekitarnya datang memadati Gedung Serbaguna di balaidesa setempat untuk mengurus berbagai dokumen kependudukan.

Agar layanan bisa berjalan lancar, Dindukcapil pun memboyong beberapa petugas lengkap dengan peralatan kerjanya untuk melayani masyarakat yang ingin membuat surat keterangan pendidikan, pergantian status pernikahan, penerbitan akta kelahiran, akta kematian, kartu keluarga termasuk perekaman data KTP elektronik.

Tingginya antusias masyarakat untuk mengurus surat adminduk membuat antrian panjang terjadi. Petugas pun tidak patah semangat untuk melayani masyarakat pedesaan di ujung selatan Kabupaten Blora ini. Terbukti hingga malam hari pukul 22.30 WIB layanan Dindukcapil di Desa Sumber masih berjalan.

Kepala Desa Sumber, Zaki Bachroni kepada Info Blora menyatakan bahwa dalam sehari tersebut terdapat pengajuan pengurusan KK sebanyak 120, perekaman data KTP elektronik sebanyak 110, akta kematian sebanyak 105, akta kelahiran sebanyak 103 serta pergantian status pernikahan 106. “Total sekitar 500 lebih yang dilayani kemarin, selesai tengah malam,” ucapnya.

Tidak hanya di Desa Sumber Kecamatan Kradenan saja, layanan jemput bola Dindukcapil pada hari Selasa (18/10) di Kelurahan Punggursugih Kecamatan Ngawen dan Rabu (19/10) di Desa Botoreco Kecamatan Kunduran juga berlangsung hingga malam hari.

“Alhamdulillah antusias masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan sangat tinggi, terakhir Rabu kemarin di Botoreco juga sampai malam. Ini merupakan layanan jemput bola yang telah dimulai beberapa bulan lalu. Minggu depan tepatnya hari Selasa akan kami gelar lagi pelayanan administrasi kependudukan di Desa Sempu Kecamatan Kunduran,” ujar Kepala Dindukcapil Purwadi Setiono melalui Kabid Pendaftaran Penduduk Agus Listiyono. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved