Blora on News :
Home » , » Transparan Kelola Dana Desa (APBDes), Gubernur Apresiasi Desa-Desa di Blora

Transparan Kelola Dana Desa (APBDes), Gubernur Apresiasi Desa-Desa di Blora

infoblora.com on Sep 16, 2016 | 3:24 PM

Apresiasi Gubernur Ganjar Pranowo kepada desa-desa di Blora yang telah transparan kelola dana desa melalui akun twitternya @ganjarpranowo. (foto: dok-infoblora)
BLORA. Pengelolaan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) yang tergabung dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Deda (APBDes) di pedesaan Kabupaten Blora kini mulai terbuka dan dapat diketahui masyarakat. Banyak pemerintah desa dengan didampingi para pendamping desa berlomba-lomba menyusun info grafis transparansi APBDes untuk diumumkan kepada masyarakat dengan cara diupload di media sosial twitter, facebook dan ditempel di balaidesa.

Bahkan info grafis transparansi APBDes tersebut diapresiasi langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lewat akun twitter pribadinya @ganjarpranowo dan mengatakan bahwa Blora kini membanggakan terkait keterbukaan informasi publik dalam hal penggunaan dana desa.

Makin banyak desa yang transparan di Blora.... Membanggakan,” kicaunya di akun @ganjarpranowo pada hari Kamis, (15/9) lalu menanggapi Info Grafis APBDes dari Desa Cabean Kecamatan Cepu.

Ganjar mengupload langsung Info Grafis APBDes Desa Mojorembun
Kecamatan Kradenan Blora di akun twitternya. (foto: dok-infoblora)
Tak hanya itu, Gubernur yang hobby musik rock ini juga mengupload langsung Info Grafis APBDes Desa Mojorembun Kecamatan Kradenan guna dipamerkan kepada followersnya di akun twitter @ganjarpranowo dengan harapan agar bisa diikuti oleh desa-desa lainnya di Jawa Tengah.

“Info grafis dana desa Mojorembun Blora. Keren dan transparan.... Desamu?,” kicau Gubernur ganjar Pranowo di akun twitternya.

Hal ini menunjukkan bahwa Gubernur memberikan apresiasi dan merasa bangga dengan pengelolaan dana desa atau APBDes di Kabupaten Blora. Pasalnya masih banyak desa-desa di Jawa Tengah yang tertutup dalam hal penggunaan dana desa yang jumlahnya hingga miliaran rupiah.

Jusuf Joeda, salah satu pendamping desa yang bertugas di Kecamatan Japah mengungkapkan bahwa dari 271 desa se Kabupaten Blora, hampir 30 persen sudah membuat info grafis penggunaan dana desa dalam APBDes dan ditempel di tempat umum agar bisa diketahui warga sehingga dapat dijadikan acuan dalam mengawasi jalannya pembangunan di pedesaan.

“Kami ada komunitas grup pendamping desa di media sosial whatsapp, melalui grup tersebut kita jalin koordinasi agar di masing-masing wilayah bisa mendorong kepala desa dan prangkat untuk menyusun transparansi penggunaan dana desa dalam APBDes. Saat ini hampir 30 persen sudah membuat dan terus kami dorong agar seluruh desa di Blora bisa transparan,” ucap Jusuf.

Menurutnya hingga kini sudah ada 3 Kecamatan yang seluruh desanya telah menyusun info grafis transparansi dana desa (APBDes), yakni Kecamatan Japah, Kecamatan Jiken dan Kecamatan Kradenan.

(berita terkait : klik Transparansi Pengelolaan Dana Desa di Pengkolrejo Japah Ditinjau Wakil Bupati)


Bupati Blora H.Djoko Nugroho melalui Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si juga mengapresiasi para kepala desa yang telah berani transparan dalam mengelola dana desa. Pada hari Jumat (16/9) ia turun langsung mengecek penggunaan dana desa di Desa Pengkolrejo Kecamatan Japah yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan berupa paving, makadam, rabat beton dan pembangunan talud. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved