Blora on News :
Home » , » Barongan Blora Meriahkan Kirab Akbar Nasional HUT 161 Klenteng Rembang

Barongan Blora Meriahkan Kirab Akbar Nasional HUT 161 Klenteng Rembang

infoblora.com on Sep 12, 2016 | 11:21 PM

Seni barongan Blora "Risang Guntur Seto" saat pentas di halaman Klenteng Hok Tik Bio Rembang. (foto: rs-infoblora)
REMBANG. Kirab Budaya Akbar tingkat Nasional yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Klenteng Hok Tik Bio Rembang ke 161 tahun 2016 ini ternyata tidak hanya diikuti oleh kesenian etnis keturunan Tionghoa saja, melainkan juga kesenian daerah yang salah satunya Barongan Blora.

Keikutsertaan Barongan Blora dari paguyuban seni barong Risang Guntur Seto (RGS) Kelurahan Kunden, Kota Blora tersebut bisa dikatakan menjadi pembeda dalam gelaran kirab akbar yang diselenggarakan pada Minggu siang (11/9) lalu.

Pasalnya dari semua peserta kirab kebanyakan menampilkan seni budaya dari adat etnis Tionghoa seperti barongsai, leang-leong, ondel-ondel Tionghoa, sebagai wakil dari masing-masing klenteng yang ikut kirab dari berbagai kota. Sedangkan Barongan Blora RGS secara langsung diundang oleh panitia untuk ikut memeriahkan acara 5 tahun sekali tersebut.

Barongan Blora juga ikut kirab, melintas di Jl.RA Kartini Kota Rembang.
(foto: rs-infoblora)
“Alhamdulillah kita dipercaya lagi untuk turut serta memeriahkan kirab ulang tahun klenteng Hok Tik Bio ke 161 tahun ini. Bisa tampil di tengah ratusan kelompok seni dari berbagai klenteng se Indonesia merupakan suatu kebanggaan bagi kita, apalagi ini sudah keempat kalinya. Menandakan bahwa publik Rembang sangat puas dengan penampilan kesenian Blora,” ujar Adi Wibowo, ketua paguyuban seni barongan RGS.

Sejak pukul 09.00 WIB pagi hari, rombongan sudah bersiap di depan klenteng Hok Tik Bio atau lebih dikenal masyarakat Rembang dengan nama klenteng kidul untuk memulai kirab. Kirab diawali dengan bende panji-panji kebesaran konghucu kemudian disusul puluhan tandu dewa-dewi dari berbagai klenteng se Indonesia dengan diselingi kesenian barongsai, leang leong dan drumband.

Sedangkan seni barongan Blora RGS tampil di urutan ke 12 dengan menampilkan 8 jaranan, 1 gendruwonan, 4 bujangganong dan 3 tokoh barongan gembong amijoyo. Sepanjang rute kurang lebih 6 km keliling wilayah Pecinan Kota Rembang, banyak penonton yang mendokumentasikan kesenian asal Blora ini. Bahkan ada juga yang meminta nomor handphone karena ingin menanggap sendiri.


Kirab akbar tersebut dilaksanakan untuk memperingati HUT Klenteng ke 161 dan kepindahan klenteng yang tadinya berlokasi di Kaliori menuju Rembang Kota. Acara berlangsung hingga siang hari pukul 15.00 WIB. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved