Blora on News :
Home » , , » Tukang Sapu Mantan Atlet Dayung Internasional Asal Blora Ditelpon Menpora

Tukang Sapu Mantan Atlet Dayung Internasional Asal Blora Ditelpon Menpora

infoblora.com on Aug 25, 2016 | 11:41 AM

Bu Karni (tengah) memegang telepon selular milik Wakil Bupati saat berbicara dengan Menpora. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Adanya bonus miliaran rupiah yang diberikan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kepada para atlet peraih medali di ajang Olimpiade Rio 2016 ternyata berdampak juga kepada para atlet lawas yang kini kehidupannya tak seberuntung atlet sekarang.

Hal itu ditunjukkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nachrowi, yang memberikan perhatian khusus kepada mantan atlet yang pernah meraih prestasi di ajang internasional. Salah satunya Bu Karni (49) mantan atlet dayung internasional yang kini hanya bekerja sebagai tukang sapu di Taman Tirtonadi Kota Blora.

Setelah beberapa kali diberitakan di media, Kamis (25/8) kemarin Menpora langsung menelpon Bu Karni melalui Wakil Bupati (Wabup) Blora H.Arief Rohman M.Si. Menpora berbicara langsung dengan Bu Karni yang pernah meraih 3 medali emas dari ASEAN Games, SEA Games dan kejuaraan internasional dayung Dragon Boat di Hong Kong.

”Saya sudah mendengar kabar tentang Bu Karni. Bagaimana kabar ibu sekarang? Sehat kan? Ibu adalah inspirasi buat kami, pahlawan kami di bidang olahraga. Kami turut prihatin, semoga ada jalan keluar. Tolong Pak Wabup, Bu Karni lebih diperhatikan lagi,” ujar Imam Nachrowi melalui telepon selular.

Sambungan telepon dengan Menpora terjadi saat Wabup bersama Bank Jateng dan Forkopimcam Blora Kota mendatangi rumah Karni di Dukuh Mogo Desa Purwosari, Kecamatan Blora.

Sekedar mengingatkan, Bu Karni adalah salah satu mantan atlet dayung Blora, yang bernasib kurang beruntung. Di saat rekan-rekan seperjuangannya sesama mantan atlet dayung telah diangkat menjadi PNS, Karni hanya berstatus pegawai honorer dan bertugas menyapu Taman Tirtonadi yang dikelola Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora.

”Saya gagal jadi PNS karena faktor ijazah. Saat ada pemberkasan pegawai honorer yang akan diangkat menjadi PNS pada 2010, ijazah saya dianggap tidak sesuai. Saya mengabdi menjadi pegawai honorer sejak 1998, namun ijazah SD saya tahun 2008,” tandas Karni, yang mengaku hanya lulusan SD.

Karni mengaku merasa lega bisa berbicara Menpora Imam Nachrawi melalui sambungan telepon. ”Saya lega bisa berbicara langsung dengan Pak Menteri dan mencurahkan isi hati,” kata Karni, wanita kelahiran 1 Januari 1968 ini. Sampai sekarang, saya belum PNS. Saya menyadari, hanya tamatan SD. Jadi, saya syukuri saja,” tambahnya.

Kedatangan Wakil Bupati Arif Rohman ke rumah Karni mewakili Bupati Djoko Nugroho menindaklanjuti informasi pemberitaan atlet dayung berprestasi yang menjadi petugas kebersihan taman Tirtonadi.

”Bu Karni ini sebenarnya bukan dilupakan, tetapi sejak lama sudah diperhatikan oleh Pemkab dengan dijadikan tenaga honorer. Gajinya pun sudah setara UMR senilai Rp 1,2 juta per bulan. Ia gagal jadi PNS pasalnya Bu Karni saat itu belum punya Ijazah SD sehingga tidak bisa mengikuti pemberkasan. Sedangkan kini usianya sudah 49, maksimal pengangkatan saat usia 35. Kami mengusulkan kepada Menpora agar Bu Karni bisa jadi bintang iklan salah satu produk minuman jamu,” kata Wabup Arif Rohman.

Pada kesempatan tersebut, Wabup juga melakukan telewicara dengan Gubenur Ganjar Pranowo. Menurutnya, Pemkab akan berupaya memperjuangkan nasib Karni agar lebih bahagia di hari tua. Misalnya, menjadi pelatih dayung atau diberikan modal untuk usaha.

”Anak Bu Karni yang sekarang masing kelas XII SMK di jurusan mesin. Nanti anaknya bisa kami perhatikan, misalnya dalam hal pendidikannya kelak maupun pekerjaannya,” tandas Wabup. Dalam kesempatan itu, diberikan pula bantuan dana sosial dari Pemkab dan Bank Jateng kepada Karni. (am-sm/ag-ib)
Share this article :

14 komentar:

Dewo 01 said...

Kereeeeeeeeeennnnn..!! semangat....!!! semangat indonesiaku semangat bu karni . Semangat pak menpora.semoga indonesia ku lebih baik lagi

Angga Wisnu said...

Mantap ...

abdul manan said...

Luarbiasa semoga bisa jadi inspirasi buat generasi muda semangaaaaaat....Jaya terus indonesiaku

Bayu Adhi Biantoro said...

Like Menpora dan Wakub Blora Semangat Trus Bu Karni

Bayu Adhi Biantoro said...

Like Menpora dan Wakub Blora Semangat Trus Bu Karni

eko budi said...

Smg bu Karni selalu d beri kesehatan

eko budi said...

Smg bu Karni selalu d beri kesehatan

joko setiyono said...

Hebatnya sosmed.. semoga mantan atlet2 lainya juga diperhatikan..

lodri marlianto said...

Semangaaat

lodri marlianto said...

Semangaaat

lodri marlianto said...

Nasibmu Bu,,ttp smangat Bu

lodri marlianto said...

Nasibmu Bu,,ttp smangat Bu

Adwin Laksono said...

iklan merk jamu, so nicee

renny rahmawati said...

Semangat untuk bu karni... bu karni sdh mengharumkan nama baik indonesia,,seharusnya i donesia lebih memperhatikannya.

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved